Asian Games Bukan Sebatas Event Olahraga

Asian Games Bukan Sebatas Event Olahraga
© Toptier.id

Penyelengaraan Asian Games 2018 telah didepan mata. Pawai obor menjadi pertanda bahwa Asian Games segera dimulai. Sebagai multievent olahraga terbesar di Asia, Asian Games memberi dampak kepada Negara tuan rumah. Kali ini Indonesia secara umum serta Jakarta dan Palembang secara khusus mendapat banyak keuntungan baik secara nyata maupun berupa kesempatan. Beberapa hal tersebut akan saya usaha bahas secara sederhana dan semoga bermanfaat.

Sarana dan Prasarana

Perbaikan sarana dan prasarana menjadi hal yang wajib dilakukan menjelang event berskala international. Kota Palembang misalnya menjelang Asian Games benar-benar memperbaiki diri. Tak hanya kawasan Jakabaring menjadi perhatian. Pembangunan LRT sangat berdampak pada masyarakat Palembang untuk menumbuhkan kembali kecintaan terhadap transportasi umum. Perluasan bandara menambah daya tampung penerbang dari dan menuju Palembang.

Ekonomi

Penyelengaraan berbagai kegiatan pendukung seperti pameran maupun perlombaan saat penyelengaraan Asian Games. Memberi kesempatan bagi pelaku usaha untuk unjuk gigi, mengadu kualitas produksinya. Perputaran uang saat Asian Games diperkirakan akan naik. Media masa international tidak akan luput meliput kondisi Palembang. Hal ini berarti potensi yang di Palembang haruslah maksimal. Agar pelaku bisnis mau berbisnis di Palembang.

Secara kewilayahaan, Asian Games membuka peluang untuk lebih menghidupkan kawasan sebelah ulu. Keberadaan Jakabaring di ulu menjadi titik perekonomian baru selain di ilir. Masyarakatpun berkesempatan untuk belajar mengenai E-money mekanisme pembayaran tanpa uang tunai. Hal ini sedikit banyak mengurangi peluang kembalian dengan permen.

Pariwisata

Wisatawan pasti akan mengunjungi objek wisata dalam kunjungannya. Ini menjadi peluang bagi pengiat pariwisata untuk mempromosikan gratis objek wisatanya. Menarik untuk diingat bahwa setiap Negara biasanya memiliki kecenderungan sendiri dalam memilih objek wisata seperti wisata religious, sejarah, kuliner, ataupun modern. Sehingga ini peluang bagi objek wisata yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari sorotan masyarakat.

Sejalan dengan bidang ekonomi. Optimalisasi pariwisata akan berdampak pada kenaikan pendapatan masyarakat Sumsel. Rasanya penting bagi setiap masyarakat Indonesia untuk peduli dan mempromosikan Asian Games mengingat bila Palembang berhasil menjadi tuan rumah kali ini. Wisatawan akan berpikir bahwa Indonesia tak hanya Jakarta dan Bali saja. Masih banyak kota dengan sejuta keindahan serta keunikannya, Karena kita Indonesia

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu