Usai Redraw, Timnas U-23 Indonesia Resmi Akan Hadapi Palestina di Grup A!

Usai Redraw, Timnas U-23 Indonesia Resmi Akan Hadapi Palestina di Grup A!
© breakingnews.co.id

Setelah sempat ditetapkan dalam drawing pada 5 Juli lalu, susunan grup sepakbola putra dalam Asian Games 2018 yang diisi 24 tim kini mengalami sedikit perubahan. Dua tim baru, yakni Palestina dan Uni Emirat Arab (UEA), kini bergabung ke dalam Grup A dan Grup E.

Penambahan peserta tersebut merupakan respon INASGOC terhadap protes yang dilayangkan UEA, karena dalam drawing grup yang pertama, UEA dan Palestina tidak termasuk dalam daftar peserta yang diundi di kantor pusat INASGOC Jakarta tersebut. INASGOC sempat menolak permintaan ini, namun akhirnya drawing ulang tetap dilaksanakan.

Pada awalnya dua opsi sempat dimunculkan. Pertama, undian ulang secara keseluruhan 26 negara yang ikut. Kedua, undian hanya dilakukan terhadap dua UEA dan Palestina saja disebut INASGOC sebagai proposed partial redraw. Pada akhirnya INASGOC dengan sepengetahuan AFC dan Komite Olimpiade Asia (OCA) memilih opsi kedua, sehingga nama yang diundi hanya UEA dan Palestina.

Dengan masuknya UEA dan Palestina, total negara yang akan bertanding di cabor sepak bola putra Asian Games 2018 mendatang berjumlah 26 negara. Dua grup berisi lima negara,  sedangkan sisanya bersisi empat negara.

Susunan Tim Sepakbola Putra Asian Games 2018 pasca redraw © Asian Football Confederation

Timnas Sepakbola Putra Palestina dipastikan masuk ke dalam grup A yang sejak awal dihuni oleh Indonesia, Laos, Hong Kong, dan Taiwan dalam Asian Games 2018, sementara UEA masuk ke Grup E bersama Korea Selatan, Kyrgyzstan, Malaysia, dan Bahrain.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia , Luis Milla, sempat menargetkan anak asuhnya bisa melaju ke babak semifinal pada Asian Games 2018. Prestasi terbaik Indonesia di pesta olahraga se-Asia di cabang sepak bola sejauh ini adalah mencapai peringkat keempat pada Asian Games 1986 di Korea Selatan. Pada Asian Games terakhir di Busan, Korea Selatan 2014 lalu timnas Indonesia hanya mencapai babak 16 besar. 

Timnas Indonesia U-23 akan bertanding dengan tambahan 3 orang pemain senior. Sepakbola putra Asian Games 2018 direncanakan akan berlangsung di empat stadion yang ada di Jawa Barat, yaitu Stadion Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion si Jalak Harupat.

(Sumber : bolasport.com; tempo.co)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu