Hebat! Inilah Pempek Lenggang Jumbo Palembang Mampu Pecahkan Rekor MURI dan Dunia Lho

Hebat! Inilah Pempek Lenggang Jumbo Palembang Mampu Pecahkan Rekor MURI dan Dunia Lho
Berhasil pecahkan rekor MURI © Muri.org

Kreativitas warga Sumatera Selatan ( Sumsel ) terus beragam untuk sambut Asian Games 2018 Agustus mendatang. Seperti para alumni SMP Negeri  15 Palembang ini contohnya, mereka berhasil memecahkan Rekor MURI lewat pempek lenggang terbesar di dunia. ( 18/06)

Ketua Alumni SMP Negeri 15 Palembang, Muhammad Hartawan mengatakan pihaknya sengaja mengambil momen reuni ini untuk memecahkan rekor MURI sebagai kontribusi alumni kepada kota Palembang yang ternyata adalah kota tertua di Indonesia Lho!

Menurutnya, Alasan dalam pemilihan Pempek Lenggang itu sendiri karena dirasa selama ini masyarakat Indonesia belum terlalu banyak mengetahui keberadaan jenis pempek asal Palembang ini, Hartawan juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini bertujuan untuk lebih bisa mengenalkan makanan khas Kota  Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 ."Pempek lenggang ini unik, didominasi telur dan aromanya khas karena di panggang. Kita berharap rekor ini bisa menjaga cita rasa kulinernya, dan semakin membuat orang tertarik untuk mencoba lenggang. Apalagi saat Asian Games 2018, kami ingin mempopulerkan makanan ini," ujarnya yang dilansir dari Viva.co.id

Tampilan pempek lenggang raksasa buatan alumni SMPN 15 Palembang | Foto: Sumateranews.co.id/Dok. SMPN 15 Palembangn

 

Dalam proses pembuatan pempek lenggang jumbo sekaligus pemecahan rekor MURI, tentunya memerlukan bahan-bahan yang tidak sedikit. Bahan yang digunakan yaitu telur ayam sebanyak 1.7 ton, pempek ini juga dibuat dari 170 kg ikan gabus giling, 10 kg tepung kanji, 14 kg garam, 150 kg karung arang, 15 kg daun pisang kepok, dan 10 kg kertas alumunium foil.

Ada 36 orang dari alumni SMP Negeri 15 Palembang yang terjun langsung untuk menjadi juru masak dadakan dalam membuat pempek lenggang jumbo itu. Cara membuat pempek lenggang khas Palembang ini lumayan sulit, berbagai tantangannya juga lengkap dari bahan dan pengolahan yang jumlahnya tidak sedikit, peralatan memasaknya yang dibuat khusus, Dan sampai proses memasak.

Menurut Devi Ike Wijaya Ketua Koki, Proses pemanggangan pempek lenggang dilakukan di atas tungku sepanjang  4 meter dengan lebar 2 meter. Ada tiga tahap pemanggangan pempek lenggang jumbo, Yang berbeda dari proses pembuatan pempek lenggang  pada biasanya. Jika pada umumnya harus di balik saat proses pemangganga, pempek lenggang jumbo ini justru harus menggunakan proses pemanggangan di bagian atas dan bagian bawah. Untuk membuat lenggang jumbo masak secara merata.

Setelah selesai dimasak, ternyata bentukan pempek lenggang jumbo ini sama persis dengan yang dijual dipasaran. Hanya ukurannya saja yang berbeda dari yang biasa dijual dipasaran, Pempek lenggang jumbo ini memiliki ketebalan 15,5 cm setelah dimasak .

Andre Purwandono Tim MURI mengatakan, pihaknya memutuskan pemecahan rekor ini berhasil bahkan dikategorikan tingkat dunia. Karna rekor ini termasuk kategori Superlatif yang penilaiannya melalui ukuran. Dan kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan di Indonesia

Ia menegaskan, Bahwa pempek lenggang terbesar ini masuk rekor Dunia, Yang mana bisa menjadi kebanggaan bangsa  Indonesia agar tidak dicuri bangsa lain. "Kami sebagai Tim MURI akan memperkenalkan lenggang ini ke seluruh dunia,”ungkapnya

 

 


Sumber: Viva.co.id | Liputan6.com |Sripoku.com | Goodnewsfromindonesia.id

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu