2.018 Orang Ramaikan Parade 100 Hari Menuju Asian Games

2.018 Orang Ramaikan Parade 100 Hari Menuju Asian Games
Antusiasme dalam kegiatan hitung mundur 100 hari menuju Asian Games © A. Redho Nugraha, srivijaya.id

Seiring waktu bergulir, Kota Palembang semakin dekat dengan tanggal pelaksanaan Asian games 2018. Berbagai proyek persiapan Asian Games pun dikebut menyongsong waktu yang genap tinggal 100 hari lagi. Momentum H-100 tersebut oleh Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang dijadikan momen krusial untuk memulai hitung mundur menuju Asian Games 2018.

Bertempat di simpang lima DPRD Sumsel, pagi-pagi sekali ratusan orang dengan berbagai kostum dan riasan unik tampak ramai berjalan kaki dalam sebuah barisan panjang parade.  Parade yang digelar khusus untuk memulai countdown Asian Games tersebut bermula dari Halaman DPRD dan berakhir di depan Rumah Dinas Walikota Palembang, melibatkan berbagai dinas di Pemkot Palembang dan Pemda Sumsel, komunitas, Polda Sumsel, Kodam II Sriwijaya, pelajar SMA/SMK, mahasiswa dan pihak-pihak lainnya yang turut  mensponsori kegiatan tersebut.

Salah satu peserta parade yang mengenakan kostum lilin Siwa © A. Redho nugraha, Srivijaya.id

Tercatat 2.018 orang menjadi peserta parade. Angka tersebut mewakili tahun pelaksanaan Asian Games kali ini secara simbolis. Unsur-unsur yang sangat beragam turut berpartisipasi menambah corak unik pada parade tersebut, mulai dari barongsai, reog, ondel-ondel, penari dengan kostum lilin Siwa, pemain musik dari berbagai komunitas, pecinta hewan yang membawa ular, hingga tak tinggal maskot Asian Games 2018, yaitu Kaka, Bhin-bhin dan Atung.

“Asian Games adalah acara rakyat. Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”, ujar Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam kata sambutannya. Alex turut didampingi Plt Walikota Palembang, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan Sekjen Inasgoc dalam memulai hitung mundur 100 hari menuju Asian Games. Momen hitung mundur ditandai dengan ditekannya tombol sirine bersamaan oleh mereka.

Penekanan tombol hitung mundur oleh Gubernur Sumsel, Walikota Palembang, Pangdam II sriwijaya, Kapolda Sumsel dan Sekjen Inasgoc © A. Redho Nugraha, Srivijaya.id

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan pengibaran bendera negara-negara peserta Asian Games di depan Rumah Dinas Walikota Palembang, diteruskan dengan demonstrasi safe-riding oleh tim Polda Sumsel. Hitung mundur 100 hari menuju Asian Games dilakukan secara serentak di Jakarta dan Palembang dengan memanfaatkan momen CFD (car free day).

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 100%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu