Sumsel Pelopori Penggunaan Hydrogen Car di Indonesia!

Sumsel Pelopori Penggunaan Hydrogen Car di Indonesia!
Double Decker Hydrogen Bus yang ada di London © london.gov.uk

Hydrogen Car merupakan mobil yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar. Mobil atau kendaraan yang berbahan bakar hidrogen sangatalah ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar konvensional seperti minyak yang biasanya akan menimbulkan polusi dan efek rumah kaca.

Beberapa negara maju di seluruh dunia sudah banyak yang menggunakan kendaraan berbahan bakar hidrogen guna mengurangi polusi di negaranya. Sebut saja Jerman dan Inggris. Tak hanya mobil ataupun bus, di negara-negara tersebut, pesawat udara, pembangkit listrik, panas, dan industri pun menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar.

Untuk cara kerjanya, mobil bertenaga hidrogen memiliki cara kerja yang hampir sama dengan mobil listrik. Mesin dari mobil bergerak dengan tenaga listrik atau menggunakan electric motor, hanya saja listrik tersebut bukan berasal dari baterai tetapi berasal dari hidrogen.

fuel_cell
Proses Perubahan Hidrogen ke Listrik. sumber: hydrogencarguide.com

Untuk di Indonesia, Sumatera Selatan menjadi daerah pertama pelopor penggunaan kendaraan tersebut. Hydrogen Car dan Hydrogen Bus nantinya akan menjadi kendaraan bagi para atlit di perhelatan olahraga dunia terbesar kedua di dunia, yakni Asian Games 2018. Hydrogen Bus yang nantinya akan digunakan untuk mengangkut para arlit Asian Games 2018 merupakan Double Decker Hydrogen Bus yang merupakan bus bertingkat dua seperti yang dimiliki oleh London, Ibukota dari negara Ratu Elizabeth tinggal.

Double Decker Hydrogen Bus yang nantinya akan menjadi transportasi atlit dimulai dari Jakabaring Sport City tersebut kini sedang diuji coba di London. Nantinya akan direncanakan pula pembangunan Hydrogen Vehichle Education Center di Jakabaring Sport City. Hal tersebut direncakan agar generasi selanjutnya dapat diberikan pengetahuan mengenai hydrogen car yang tidak terlalu dipahami masyarakat.

Sumber: tribunnews.com | rmolsumsel | korankito.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 50%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 50%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu