Menuju Smart City, Pemkot Palembang Akan Luncurkan Aplikasi Hallo Palembang

Menuju Smart City, Pemkot Palembang Akan Luncurkan Aplikasi Hallo Palembang
Walikota Palembang, Harnojoyo saat menandatangani Kesepakatan Masterplan Smart City Palembang © Humas Pemkot, palembang.go.id

Pemkot Palembang tak lama lagi akan meluncurkan “Hallo Palembang”, aplikasi yang berfungsi meningkatkan layanan serta memuat informasi tentang layanan Pemerintah Kota Palembang.

Informasi tersebut disampaikan dalam acara "Penandatanganan Kesepakatan Masterplan Smart City Palembang" pada Selasa (23/10) pekan lalu di ruang Parameswara, Kantor Sekretariat Daerah Kota Palembang.. Acara tersebut dihadiri Walikota Palembang H. Harnojoyo, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa beserta segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat dilingkungan Kota Palembang.

“Dengan aplikasi ini nantinya, kita harap para investor dapat lebih mudah mencari informasi tentang peluang investasi di Palembang. Semua informasi berkaitan dengan SOP dan lamanya pelayanan publik diharapkan ada pada aplikasi ini”, ujar Harnojoyo, melansir dari suarasumselnews.co.id.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang berencana akan meluncurkan aplikasi Hallo Palembang tersebut pada 22 November mendatang. Walikota Palembang menginstruksikan seluruh pimpinan OPD untuk berkoordinasi dalam mengoptimalkan aplikasi ini.

“Aplikasi ini akan sia-sia bila tanpa dukungan seluruh OPD. Aplikasi ini harus mampu menyajikan seluruh informasi yang diperlukan masyarakat tentang Kota Palembang”, tambahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Drs. H. Yanurpan Yani, MM., mengatakan penandatanganan kesepakatan “Masterplan Smart City” tersebut merupakan komitmen dari seluruh OPD untuk melaksanakan program smart city. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari terpilihnya Kota Palembang dalam program 100 smart city oleh Kementerian.

“Selain aplikasi Hallo Palembang sesuai yang diinstruksi Pak Harnojoyo, kita juga mengembangkan program Restorasi Sungai Sekanak dan Palembang Tourism Guide. Ketiga program jangka pendek ini merupakan perwujudan enam dimensi smart city, yaitu smart living, smart economy, smart people, smart governance, smart mobility, dan smart environment”, ujar Yani.

Apa Saja Kegunaan Aplikasi Hallo Palembang?

Kadis Kominfo Palembang, Drs. H. Yanurpan Yani, MM. © palembang.go.id

Khusus untuk aplikasi Hallo Palembang, dijelaskannya Yani, aplikasi tersebut merupakan pusat informasi Kota Palembang yang ditujukan untuk menyempurnakan pelayanan publik serta memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan informasi terkait pelayanan Pemkot Palembang. Aplikasi Hallo Palembang diharapkan menjadi sinkronisasi dari seluruh aplikasi pelayanan yang dilaksanakan OPD Kota Palembang.

Yanurpan Yany juga menjelaskan, bahwa aplikasi Hallo Palembang dapat dipergunakan untuk memperoleh informasi mengenai teknis birokrasi di di berbagai OPD. Ia mencontohkan, jika seorang warga Palembang hendak membuat AK-1 sebagai syarat untuk melamar pekerjaan, ia hanya perlu membuka aplikasi Hallo Palembang dan mengklik ‘dinas Tenaga Kerja’ untuk mengetahui persyaratan pembuatan, tata cara pembuatan dan prosedur pembuatannya.

“Jadi kita membutuhkan setiap admin di OPD standby terus untuk memberikan data dan mengupdatenya,” tegasnya Yany, melansir dari palembang.go.id.

Selain itu, aplikasi Hallo Palembang juga dapat dipergunakan untuk mengecek jumlah tagihan PDAM, jumlah tagihan PBB, jadwal kegiatan Walikota Palembang dan lokasi sholat Subuh berjamaah Walikota Palembang.

Walikota Palembang Harnojoyo tidak sabar untuk melihat terealisasinya terobosan baru bagi masyarakat Palembang tersebut.

“Ini masih tahap proses dan masih melewati tahap penyempurnaan. Jadi bagi masyarakat yang hendak berurusan tidak perlu datang ke kantor, cukup melalui telfon sesuai dengan konsep smart city yang benar-benar terealisasi. Hal ini juga akan kita verifikasikan lagi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk ditindak lanjuti kembali”, tukasnya.

(sumber : palembang.go.id; suarasumselnews.co.id)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu