Lagi, Walikota Palembang Dinobatkan Sebagai Pembina Kampung Iklim Terbaik di Indonesia!

Lagi, Walikota Palembang Dinobatkan Sebagai Pembina Kampung Iklim Terbaik di Indonesia!
Walikota Palembang, Harnojoyo (kanan) menerima penghargaan dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruwanda Agung Sugardiman © Humas Pemkot

Dalam usahanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyelamatan lingkungan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menggelar penyerahan penghargaan kepada kepala daerah berprestasi sebagai “Pembina Kampung Iklim Terbaik di Indonesia Tahun 2018”. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (24/10) lalu di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Senayan Jakarta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, beserta beberapa kepala daerah berprestasi dari seluruh Indonesia.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo, S.Sos. saat menyambut penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya pada tahun 2017 silam © newshanter.com

Palembang patut bangga kali ini, karena dari total 41 bupati/walikota yang dianugerahi penghargaan, Walikota Palembang, H. Harnojoyo, S.Sos. merupakan salah satunya. Penghargaan tersebut setidaknya berarti satu hal positif : daerah yang dipimpin oleh kepala daerah tersebut dinilai berhasil dalam menjalankan dan melestarikan kampung iklim di wilayahnya. Penghargaan yang diperoleh oleh Harnojoyo diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya, melalui Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruwanda Agung Sugardiman. Harnojoyo dinilai telah berkomitmen tinggi secara nyata membangun lingkungan hidup di daerahnya secara baik.

Program kampung iklim nasional adalah program penyelamatan lingkungan hidup yang dicanangkan oleh KLHK Republik Indonesia pada tahun 2012 silam. Program tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.19 tahun 2012 yang menekankan upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim yang terjadi di Indonesia.

Selain itu, Program Kampung Iklim dikembangkan oleh KLHK untuk mendorong partisipasi masyarakat melalui aksi lokal yang mengedepankan upaya ketahanan terhadap dampak perubahan iklim. Seperti diketahui, perubahan iklim merupakan sebuah fenomena global yang tidak dapat dielakkan dan harus ditanggulangi bersama-sama.

Bukan yang Pertama Kali

Penghargaan sebagai Pembina Kampung Iklim Terbaik ternyata bukan penghargaan pertama di bidang lingkungan yang diperoleh Walikota Palembang. Di tahun sebelumnya, harnojoyo juga memperoleh penghargaan yang sama. Lalu pada 17 – 19 Oktober lalu, Harnojoyo dinobatkan sebagai juara II tingkat nasional dalam Indonesia Climate Change Forum and Expo yang diselenggarakan KLHK RI di Kota Medan.

“Apresiasi ini juga diberikan kepada masyarakat yang memiliki integritas, kapasitas dan aksi nyata dalam upaya melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintigrasi dan mendorong replikasi kegiatan proiklim ke lokasi lain, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengelolaan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim”, tutur Harnojoyo, dilansir dari halosumsel.co.id.

“Penghargaan ini dapat menambah semangat kami didaerah untuk terus meningkatkan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan lingkungan hidup”, sambungnya.

Gapura Kampung Iklim Kelurahan Srimulya di Kecamatan Sematang Borang, Palembang © detik.com

Hingga kini terdapat beberapa kelurahan di Palembang yang dibina untuk mendirikan kampung iklim, seperti Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan Pulokerto dan Kelurahan Srimulya. Pemkot Palembang menargetkan untuk seterusnya akan ada minimal satu kampung iklim di setiap kelurahan di Palembang.

(sumber : halosumsel.co.id; klikampera.com)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu