Mengenal Senjang, Seni Sastra Daerah Muba

Mengenal Senjang, Seni Sastra Daerah Muba
penamilan senjang ©kesenianmusibanyuasin

Muba (Musi Banyuasin) merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Layaknya daerah-daerah lain yang memiliki tradisi khusus, Muba juga memiliki tradisi unik tersendiri yang dapat dijumpai dan ditampilkan pada acara-acara adat maupun seremonial pemerintahan di Musi Banyuasin yang menjadi cerminan atau upaya membangun identitas kabupaten Musi Banyuasin. 
Senjang, namanya. Apa sih senjang itu? Senjang merupakan salah satu bentuk dari seni budaya khas Muba yang menghubungkan antara orang tua dengan generasi muda atau dapat juga antara masyarakat dengan Pemerintah dalam penyampaian aspirasi yang dapat berupa nasihat, kritik, saran, dan lainnya. Dalam penampilan senjang, syair dan musik tidak pernah bertemu.  syair yang mewakili aspirasi ataupun perasaan ini selalu dilagukan ketika musik berhenti, dan ketika musik kembali dimainkan, orang yang bersenjang akan diam menunggu sampai musik kembali berhenti sehingga keduanya tidak pernah bertemu. Karena itulah, penampilan seni tersebut dikenal dengan sebutan "senjang".
Seni senjang pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat kecamatan Sungai Keruh, Musi Banyuasin, yang kemudian berkembang ke Desa Mangun Jaya, Kecamatan Babat Toman, Desa Ngunang, Desa Nganti, Kecamatan Sanga, hingga terus ke Sekayu.

©kesenianmusibanyuasin

Irama Senjang dari tiap-tiap Kecamatan tersebut tidaklah sama. Meski media 
penyampaian yang digunakan dalam tradisi 
itu adalah bahasa Musi, irama senjang tidak sama dan turut bergantung pada logat daerahnya masing-masing.

Senjang memiliki banyak fungsi, selain dapat menjadi media untuk menyampaikan nasihat dengan cara yang unik dan menghibur, Senjang juga dapat dijadikan wadah sebagai alat kontrol sosial maupun politik. Uniknya, penampilan senjang selalu diawali dengan permohonan izin dan maaf dan diakhiri pula dengan permohonan pamit dan maaf oleh pesenjang.

Penasaran seperti apa penampilan senjang? yuk simak videonya!


Sumber: infosekayu | wikipedia

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 33%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 33%
Pilih Terpukau Terpukau 33%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu