Lagi, Duo Marcus/Kevin Kembali Banggakan Indonesia di Final Japan Open

Lagi, Duo Marcus/Kevin Kembali Banggakan Indonesia di Final Japan Open
Tim badminton ganda putra terbaik dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon © sportschannelindonesia.co.id

Turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 750 Japan Open 2018 telah berakhir pada Ahad (16/09) lalu. Dalam lima partai final yang dipertandingkan, Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra, dimana tim ganda putra kebanggan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil mempertahankan gelar setelah mengalahkan wakil China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Jepang yang meloloskan tiga wakil ke partai final berhasil meraih dua gelar. Wakil Jepang yang kalah pada final ini datang dari nomor tunggal putri, yaitu Nozomi Okuhara. Okuhara kalah dari wakil Spanyol, Carolina Marin, dalam tiga pertandingan. Kemenangan tersebut membuat Marin mempertahankan gelar Japan Open. Adapun dua wakil Jepang lainnya yang mampu meraih juara adalah Kento Momota dari nomor tunggal putra dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari ganda putri.

Di nomor ganda campuran, duel sesama wakil China dimenangkan oleh Siwei Zheng/Yaqiong Huang. Ini adalah gelar ketiga Zheng/Huang secara beruntun setelah BWF World Championship dan Asian Games 2018. Di partai final, Zheng/Huang mengalahkan Yilyu Wang/Dongping Huang dalam dua gim.

Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan Marcus Fernaldi Gideon dalam laga final Japan Open 2018 © badmintonindonesia.org

Selain berhasil memperoleh gelar juara dalam Japan Open 2018, Markus/Kevin juga berhasil menorehkan prestasi lain yang turut membanggakan Indonesia. Marcus/Kevin dapat disebut sebagai finalis yang paling berhasil meredam permainan lawan, jika melihat raihan poin dari lawannya.

Pada partai final yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Marcus/Kevin berhasil menang straight game atas Li Junhui/Liu Yuchen (China) dengan skor 21-11, 21-13. Jika poin dari dua gim lawannya dijumlahkan, Marcus/Kevin 'hanya' kecolongan 24 angka dari Li Junhui/Liu Yuchen. Koleksi poin milik Li Junhui/Liu Yuchen adalah yang paling sedikit di antara seluruh finalis Japan Open 2018.

Dengan memenangkan Japan Open 2018, Marcuus/Kevin bukan hanya berhasil mempertahankan gelar ganda putra terbaik dunia mereka, namun juga mencatatkan gelar keenam yang mereka peroleh tahun ini. Sebelumnya, pasangan peringkat pertama dunia itu meraih gelar pada Indonesia Masters, India Open, All England, Indonesia Open, dan Asian Games 2018.

Seperti apa detik-detik kemenangan Kevin dan Markus? Saksikan dalam video di bawah ini!

(sumber : bola.sport.com; tribunnews.com; youtube.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 100%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu