Berkenalan dengan Momo, Maskot Asian Para Games 2018

Berkenalan dengan Momo, Maskot Asian Para Games 2018
Momo, maskot Asian Para Games 2018 © goodnewsfromindonesia.com

Asian Games 2018 sudah usai. Namun, itu tidak berarti Indonesia akan luput dari event bertaraf internasional lainnya dalam waktu dekat. Asian Para Games, kompetisi olahraga atlet difabel tingkat Asia akan digelar di Jakarta, Indonesia pada 6 hingga 13 Oktober 2018 mendatang. Sama seperti Asian Games 2018, Asian Para Games edisi ketiga kali ini menghadirkan sesosok maskot yang juga mewakili spesies satwa khas Indonesia. Jika Asian Games mengadaptasi rusa bawean, burung cenderawasih dan badak bercula satu, maka maskot yang dinamai Momo ini merupakan representasi dari elang bondol, fauna yang menjadi maskot DKI Jakarta.

Representasi Jakarta dan Atlet Difabel

Nama Momo merupakan singkatan dari dua kata : motivasi dan mobilitas. Nama tersebut bermakna bahwa seseorang harus terus mampu melangkah ke depan dan beradaptasi terhadap perubahan di dunia, sesuai dengan semangat yang diusung dalam slogan Asian Para Games : The Inspiring Spirit and Energy of Asia.

Elang bondol sendiri mudah ditemukan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Burung bernama latin haliastur indus tersebut memiliki bulu putih yang menutupi kepada hingga ke dada, serta bulu cokelat yang menyelimuti badannya. Elang bondol tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun juga India. Dalam kepercayaan Hindu, elang bondol digambarkan sebagai burung suci milik Dewa Wisnu.

Elang bondol © centropala.org

Elang bondol dipertimbangkan sebagai maskot setidaknya berdasarkan dua hal utama, yaitu karena sosok burung elang mampu mewakili nilai keberanian dan kekuatan, serta karena elang bondol juga merupakan maskot dari DKI Jakarta, tuan rumah tempat diselenggarakannya Asian Games 2018. Untuk menyeimbangkan sosok Momo sebagai representasi tuan rumah, penampilan Momo juga dilengkapi dengan sabuk betawi dan kaki prostetik.

Asian Para Games yang diselenggarakan hanya dua bulan pasca Asian Games tersebut akan memperlombakan 18 cabang olahraga. Berbeda dengan Asian Games yang dilaksanakan di Palembang dan Jakarta, Asian Para Games hanya akan berlangsung di Jakarta pada Bulan Oktober mendatang.

(sumber : kumparan.com; tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 80%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 20%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu