Setelah Perjuangan Sengit, Jojo Akhirnya Mampu Sumbang Emas Ke-23 Untuk Indonesia

Setelah Perjuangan Sengit, Jojo Akhirnya Mampu Sumbang Emas Ke-23 Untuk Indonesia
Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie Usai Bertanding © Bola.com

Jonatan Christie berhasil mencatat sejarah baru dalam Dunia Olahraga Bulu Tangkis. Pasalnya, atlet cabor badminton di nomor tunggal putra tersebut berhasil menyumbang satu medali emas usai mengalahkan atlet bulutangkis asal China Taipei di Istora Senayan Jakarta, pada hari ini, Selasa (28/08).

Jonatan Christie atau yang akrab disapa “Jojo” mampu mengalahkan Cou dalam pertandingan tiga set 21-18, 20-22, 21-15. Jonatan memastikan satu emas di nomor tunggal putra setelah sebelumnya Anthoni Ginting menyumbang medali perunggu di nomor tersebut. Raihan medali emas tersebut adalah yang pertama bagi Indonesia dalam Asian Games dari nomor tunggal putra setelah terakhir Taufik Hidayat meraihnya pada Asian Games  2006.

Jojo melakukan selebrasi usai menaklukan atlet bulatangkis Chinese Taipei, Chou Tiechen © feedme.id

Di pertandingan finalnya, Jojo bermain gemilang. Pada set pertama, Jojo tampil kurang meyakinkan di awal. Namun, perlahan Jojo mampu bangkit. Jojo sempat tertinggal 2 - 4 di awal, lalu menyamakan skor menjadi 8 - 8, bahkan skor kembali sama menjadi 15 -15. Salip-menyalip poin terjadi di set pertama, tapi Jonatan akhirnya mampu memimpin 20-16. Set pertama menjadi milik Jonatan dengan skor 21-18.

Di set kedua, Pebulutangkis berusia 20 tahun itu tampil kurang stabil. Ia pun harus tertinggal 4-7. Perlawanan mulai ditunjukkan Jonatan dengan mencoba mengejar poin menjadi 8-10. Namun, Jonatan malah semakin jauh tertinggal 12-16 dari Chou.  Jonatan bangkit dengan menyamakan kedudukan menjadi 20 - 20. Sayang, Jonatan tetap kalah 20-22 dari Chou sehingga laga dilanjutkan ke set ketiga.

Pada set ketiga, Jojo mampu  mengendalikan permainan dan membuat  kepercayaan dirinya meningkat. Ia terus memegang kendali permainan dan mampu mempertahankan keunggulannya. Chen yang terlihat sudah kelelahan juga kewalahan meladeni permainan Jojo. Pada akhirnya, Jojo mampu menyudahi set ketiga dengan skor 21-15 .

Tambahan satu emas tersebut membuat Merah Putih kini mampu mengoleksi 23 emas di Asian Games 2018, dan sekaligus menjadi emas pertama bagi Indonesia di cabor Badminton. Indonesia saat ini masih bertengger di peringkat empat klasemen sementara  Asian Games 2018 dengan koleksi medali sebanyak 65 (23 emas, 15 perak dan 27 perunggu).

Sumber: Kumparan.com | Liputan6.com | Viva.co.id

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu