Tunjukkan Solidaritas, ACT Sumsel Gelar Konser Amal Kemanusiaan untuk Lombok

Tunjukkan Solidaritas, ACT Sumsel Gelar Konser Amal Kemanusiaan untuk Lombok
Komunitas di Palembang yang memperoleh piagam 'Komunitas Peduli Lombok' di akhir acara © ringkaskata.com

Wilayah Nusa Tenggara Barat seolah tak usai dirundung duka. Terhitung hingga saat ini, BMKG telah mencatat 814 gempa susulan yang mengguncang NTB pasca gempa bumi  pertama pada 5 Agustus lalu, dan dua diantaranya termasuk gempa yang mengguncang Lombok pada Ahad (19/08) lalu. Kengerian yang dirasakan warga NTB, khususnya Lombok, tentu turut dirasakan warga Indonesia yang lain. Berbagai jenis bantuan tak hentinya mengalir dari seluruh Indonesia ke Lombok.

Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan ikut turun tangan dalam menggalang aksi pengumpulan dana. Aksi berkonsep konser amal kemanusiaan tersebut dilangsungkan ACT  pada Sabtu (18/07) lalu di Gedung PSCC Palembang.

Dalam aksinya tersebut, ACT Sumsel tidak sendiri. ACT turut menggaet banyak pihak, termasuk komunitas-komunitas yang ada di Palembang. Tak kurang dari 50 komunitas di Palembang, mulai dari Jumat Sedekah Indonesia, Ketimbang Ngemis Palembang (KNP), Komunitas Youtuber, HMI Palembang, Lintas Komunitas Taksi Online dan masih banyak lagi turut andil dalam meramaikan event tersebut. Konser penggalangan dana tersebut diisi oleh penampilan grup vokal nasyid, pembacaan musikalisasi puisi, penampilan teatrikal kemanusiaan dan pembukaan stand cinderamata yang hasil penjualannya disalurkan kepada korban bencana gempa di Lombok.

Penampilan grup nasyid dalam konser amal kemanusiaan untuk Lombok © ACT Sumsel

Hingga hari ini, Selasa (21/08), BNPB mencatat jumlah korban jiwa dalam bencana gempa bumi di NTB mencapai 515 orang dan korban luka-luka sebanyak 7.145 orang. Sementara itu, jumlah bangunan yang rusak antara lain 73.843 unit rumah dan 798 fasilitias umum. setidaknya 431.416 orang saat ini masih mengungsi.

(sumber : kompas.com; liputan6.com; ringkaskata.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu