Sukses! Dua Pelajar Sumsel Ini Sabet Medali dari World Mathematics Invitational!

Sukses! Dua Pelajar Sumsel Ini Sabet Medali dari World Mathematics Invitational!
Shiqo dan Ilham (tengah, pakaian batik) dalam persiapannya sebelum berangkat ke Korea Selatan © pencanangnews.com

Keberangkatan dua pelajar berprestasi Sumsel, M. Shiqo Filla dan Bachtiar Hafidz Ilham Pratama ke Korea Selatan pada 14 Juli lalu kini membuahkan hasil yang memuaskan. Kedua siswa SMAN Sumsel tersebut sukses mendapatkan penghargaan dalam World Mathematics Invitational (WMI), kompetisi matematika antar-pelajar internasional yang seleksinya telah mereka ikuti sejak Februari silam. Diantara 511 siswa SMA Indonesia yang mewakili Indonesia dalam ajang tersebut, Shiqo dan Ilham turut menyumbangkan kontribusinya berupa medali pemenang.

Ilham (kiri) dan Shiqo ketika memamerkan medali pemenang © beritasebelas.com

“Alhamdulillah, M. Shiqo Filla mendapatkan medali perak (silver medal) dan Bachtiar Hafidz Ilham Pratama (Ilham) mendapat juara harapan (merit prize)”, tutur Diarani Ariesta, guru matematika Shiqo dan Ilham yang turut mendampingi mereka berlomba di Seoul, dilansir dari tribunnews.com.

Prestasi yang mereka torehkan cukup membanggakan, terutama bagi Ilham. Sepak-terjangnya sempat viral di media sosial, karena siswa kelas X SMAN Sumsel ini dikenal berasal dari keluarga kurang mampu. Ayahnya bekerja sebagai penjaga kantor Dinas Pendidikan Muara Dua, OKU Selatan, sementara ibunya berjualan gorengan di kantin kantor. Keberhasilan Ilham dalam kompetisinya tentu menjadi kabar menggembirakan bagi orangtuanya yang siap menyambut kepulangan Ilham.

Jalan Shiqo dan Ilham menuju WMI tentu tidak gampang. Mereka harus melewati beberapa tahapan seleksi, sebelum akhirnya lolos di tahap preliminary round nasional dengan menyabet medali emas dan medali perak pada Bulan Februari 2018 silam. Mereka akhirnya diberangkatkan ke Seoul, Korea Selatan untuk mengikuti kompetisi sesungguhnya pada 14 hingga 17Juli.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Bonny Syafrian mengaku bangga kepada kedua siswa SMAN Sumatera Selatan yang bisa mewakili Indonesia di WMI. “Jadilah pionir untuk memajukan kehidupan keluarga. Jaga diri di negeri orang dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik berupa kemenangan”, pesan Bonny sebelum mereka berangkat.

 (sumber : beritasebelas.com; tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu