Jangan Kotori Bumi di Hari yang Suci

Jangan Kotori Bumi di Hari yang Suci
© wartapriangan.com

Sebuah pesan menarik disampaikan Dr. Yenrizal Tarmizi, pakar komunikasi lingkungan dari UIN Raden Fatah Palembang, kepada umat muslim yang merayakan Idul Fitri 1439 H. Selain saling memaafkan sesama manusia, kita juga memohon ampun kepada Tuhan, pencipta alam semesta, tak lupa “minta maaf” kepada Bumi karena secara sadar telah merusaknya.

Dosa-dosa yang telah diperbuat manusia, dapat dilihat dari berbagai kerusakan bentang alam yang berujung bencana. Manusia juga memproduksi berbagai racun yang menyebabkan kematian, penyakit dan penderitaan makhluk hidup lainnya, yang kita rasakan saat ini.

“Sudah sepantasnya, manusia mohon maaf kepada Bumi dan berkomitmen untuk memperbaiki sekaligus menjaganya,” ujarnya, Selasa (12/06/2018).

Yenrizal berharap, pada Idul Fitri ini umat muslim yang merayakan bersama keluarga dan kerabat tidak banyak menggunakan sampah plastik. “Misalnya, berbelanja dengan membawa kantong belanjaan dari rumah atau tidak menggunakan air minum kemasan berbahan plastik. Jangan sampai, ketika merayakan Lebaran, justru berbuat dosa dengan merusak Bumi,” lanjutnya.

Yenrizal mengajak para pemudik menanam pohon di dusun atau kampung halamannya. Pohon-pohon yang ditanam itu, selain menjaga Bumi, juga sebagai kenangan di masa mendatang.

Aksi menanam pohon di kampung halaman ini disambut baik pegiat Teater Potlot, teater yang fokus pada persoalan lingkungan hidup. “Ya kita minta seluruh aktivis Potlot untuk menanam pohon di kampung halamannya. Tidak harus banyak, dan tidak harus di hutan. Bisa ditanam di halaman rumah, kebun, atau di tepi jalan. Saya bersama keluarga akan menanam di Labuhan Maringgai Lampung, kampung halaman istri,” kata Conie Sema, Ketua Teater Potlot, Rabu (13/06/2018).

Artikel diatas merupakan tulisan Taufik Wijaya yang sudah dipublikasikan di situs Mongabay.co.id. Untuk membaca versi lengkap dari tulisan tersebut, silakan kunjungi : http://www.mongabay.co.id/2018/06/14/jangan-kotori-bumi-di-hari-lebaran-yang-suci/ 

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 100%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu