Keren! Rio Akbar Sabet Emas Asia BMX 2018

Keren! Rio Akbar Sabet Emas Asia BMX 2018
Juara Asian BMX Championship 2018 Thailand (dari kiri)Sitthicok Kaewsrikhao(Thailand) Rio Akbar(Indonesia)dan Taichi Ikegami(Jepang) © Mainsepeda.com

Atlet balap sepeda BMX Indonesia asal Jawa Barat  yang disiapkan untuk Asian Games 2018, Rio Akbar ini,telah sukses menjadi pemenang pertama pada kejuaraan Asian BMX 2018 di Chai Nat, Thailand, Minggu 27 mei.

"Yes. Rio Akbar menjadi juara Asia," ujar manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, saat dikonfirmasi dari Jakarta

Tidak mudah bagi Rio untuk bisa menyabet medali emas sebagai juara 1 Asia 2018 versi Uni Cycling Internasional (UCI) atau meraih (Men Elite), Rio harus bersaing dengan tiga pebalap tuan rumah Thailand yaitu Sitthicok Kaewsrikhao yang akhirnya finis kedua, Nonthakon Inkhoksong, dan Phitchayut Kongson. Sedangkan posisi tiga adalah pebalap asal Jepang, Taichi Ikegami.

”Saya memutuskan ambil gate posisi nomor satu bagian kiri dalam. Namun sayangnya, saat pintu start terbuka saya agak terlambat jadi sedikit tertinggal dari Tatsumi Matsusita (Jepang) . untungnya di berm belokan pertama saya ambil dari dalam jadi bisa menyalip dia,” ungkap Rio Akbar ditanyai tentang strategi khusus menjelang perlombaan.

Pada Asian BMX 2018, Indonesia akan menurunkan tiga pebalap elit putra. Selain Rio Akbar ada dua nama lagi yang dikirim yaitu I Gusti Bagus Saputra dan Tony Syarifudin. Ketiga pebalap ini semuanya mampu bersaing sejak kualifikasi. Namun, Tony kurang beruntung karena dua kali terjatuh.

Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra lebih beruntung karena lolos ke final meski sempat harus melalui pertarungan yang melelahkan. Sampai akhirnya kerja keras Rio Akbar membuahkan hasil setelah mampu membawa medali emas dari Negeri Gajah Putih itu.

Beruntung ,sebelum tampil di Thailand, Rio Akbar  kelahiran 16 juni 1995 pernah  tampil dalam dua kejuaraan dunia di Belanda dan Belgia. Ia juga menjalani pemusatan latihan di Prancis.


Sumber: Mainsepeda.com Tempo.co Antaranews.com

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu