Gua Napal Licin Yang Sempat Mendunia
Gua Napal Licin © youtube/evan ervani

Siapa sangka jika salah satu desa di Kabupaten Musi Rawas Utara rupanya memiliki destinasi wisata yang sempat mendunia. Gua Napal Licin, gua yang terletak di Desa Napal Licin Kecamatan Ulu Rawa, Kabupaten Muratara ini ternyata sudah sering dikunjungi oleh orang-orang Belanda sejak era tahun 1990. Pada tahun 1992 hingga 1998, yakni sejak Sejak didirikannya tempat peristirahatan “Rawas River Lodge” atau dalam bahasa Belanda disebu "Rawas River-Lodge bij het dorpje Surulangun, in het Zuid Sumatraanse tropische regenwoud", sektor pariwisata di Kabupaten Musi Rawas memang terbilang cukup menjanjikan.
Gua Napal Licin memiliki nuansa bebatuan yang alami. Setelah melewati pintu masuk gua yang memiliki luas sekitar 15 meter kita akan langsung dapat melihat stalagtit dan stalagnit di bagian lantai dinding dan atas gua. Gua Napal Licin berada pada ketinggian sekitar 20 meter dari permukaan jalan, sehingga jika ingin mencapai pintu masuk gua, kita diharuskan untuk sedikit berjalan menanjak. Di dalam gua terdapat lorong sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer yang menghubungkan empat bukit, yakni Bukit Batu, Bukit Semambang, Bukit Layung, dan Karang Nato atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bukit Keratau.
Jika mengunjungi Gua Napal Licin saat ini, kita akan dapat melihat langsung budaya lokal setempat yang disuguhi melalui penampilan beberapa tarian dan lagu daerah yang diiringi dengan biola serta seorang tetua yang akan turut menghibur pengunjung.
Konon, hingga saat ini Gua Napal Licin masih menyimpan banyak misteri. Berdasarkan legenda yang sampai sekarang masih dipercaya oleh warga setempat, dulunya Gua Napal Licin tersebut merupakan sebuah kapal yang terdampar. Kemudian datang lah seorang pengembara bernama Serunting Sakti yang terkenal dengan julukan Si Pahit Lidah melewati daerah itu dan berusaha naik ke atasnya namun tidak berhasil. Si Pahit Lidah lalu merasa kesal dan bersumpah. Sumpahnya itulah yang kemudian membuat kapal berubah menjadi batu. Banyaknya kelelawar yang beterbangan pun seolah menambah kesan mistis pada gua ini. Masih ingin tau tentang Gua Napal Licin? yuk cek videonya!

 

Sumber:beligatupdate | murataraupdate

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 50%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu