Mengulik Secuil Sejarah dari Rumah di Kampung Kapitan

Mengulik Secuil Sejarah dari Rumah di Kampung Kapitan
Tampak depan Rumah Kapitan © A. Redho Nugraha, srivijaya.id

Hari itu merupakan hari ketiga sekaligus hari terakhir Festival Cap Go Meh di Kampung Kapitan. Aku sudah tak asing lagi dengan nama pemukiman Tionghoa satu ini. Aku pernah  mengunjunginya saat masih kelas XI SMA—hampir genap tujuh tahun yang lalu—dan tidak banyak yang bisa kutemui disana, selain dua bubungan rumah unik berarsitektur cina-belanda dan sepetak lapangan kosong tak terurus di depannya. Bahkan sebuah kasur buras dengan gamblang tampak dijemur di beranda salah satu rumah. Apakah Kampung kapitan yang kutuju saat ini adalah tempat yang sama dengan tujuh tahun lalu? Dari beberapa foto ‘paling up’ yang kutemukan di instagram, sepertinya tidak. Kampung Kapitan sudah diresmikan menjadi cagar budaya pada tahun 2013 lalu, dan tentulah Pemkot Palembang telah banyak membenahinya.

Cap Go Meh sendiri pada intinya adalah puncak perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Secara harfiah, Cap Go Meh berarti ‘lima belas malam’, mengacu pada malam ke-15 setelah perayaan Imlek. Cap Go Meh sering pula diidentikkan dengan purnama pertama setelah tahun baru. Dan pada tahun 2018, hari terakhir Cap Go Meh jatuh pada tanggal 2 Maret, hari yang sama ketika aku berdiri di tubir dermaga Benteng Kuto Besak (BKB) dan menunggu sebuah perahu ketek merapat ke daratan.

Dermaga 7 Ulu, tempat perahu ketek bertambat (sumber : redaksi)

Sebuah umbul-umbul tampak berkibar-kibar di atap perahu ketek tersebut. “Festival Cap Go Meh Kampung Kapitan”, begitu bunyinya, yang kurang lebih berarti, tidak perlu bayar jika naik perahu itu ke Kampung Kapitan.

Tak lama setelah ketek menempel di bibir dermaga, tiga orang siswi SMA meloncat keluar. “Rame dak dek di seberang?”, tanyaku tiba-tiba, membuat mereka yang tengah bercanda tiba-tiba terdiam. “Lumayanlah”, jawab salah seorang dari mereka. Syukurlah, pikirku. Aku hampir mengira bahwa aku terlambat datang, mengingat siang itu aku satu-satunya manusia yang hendak naik ketek menyeberang ke Kampung Kapitan.

Aku masuk ke perahu ketek yang tak seberapa besar tersebut. Diiringi beberapa tarikan mesin diesel oleh pemilik perahu, maka turbin perahu tersebut berputar, mendorong kami menjauh dari dermaga BKB.

Tentang Kampung Kapitan

Konon di masa Kesultanan Palembang Darussalam dulu, tidak semua masyarakat Kota Palembang diizinkan membangun tempat tinggal di atas darat. Hanya segelintir dari kaum berdarah pribumi yang berhak. Selain itu, adalah kaum-kaum proletar yang hanya diperbolehkan bermukim di atas rumah rakit. Salah satu darinya adalah kaum Tionghoa yang pada saat itu masih menjadi kaum pendatang.

Seiring waktu, kaum Tionghoa yang bermukim di atas rakit terus bertambah jumlahnya, hingga akhirnya mereka mulai merambah tepian Sungai Musi dan membangun rumah panggung. Rumah panggung tersebut kemudian terus bertambah jumlahnya hingga berkembang menjadi sebuah  pemukiman. Pun demikian, tidak semua tionghoa pada masa itu mampu membangun rumah panggung. Menegakkan bubungan rumah panggung adalah bukti eksistensial seseorang dalam sebuah tatanan masyarakat, atau dalam kata lain merupakan simbol kekayaan yang tak terbendung. Salah satu tionghoa kaya yang mampu melakukannya pada masa itu adalah Mayor Tjoa Kie Tjuan.

Tanpa menerawang lewat google, sebenarnya tidak banyak hal yang aku ketahui tentang Mayor Tjoa Kie Tjuan ini. Ringkasnya, beliau adalah seorang tionghoa yang pertama kali ditunjuk pemerintah kolonial Belanda sebagai kepala administrasi kependudukan, khusus untuk warga keturunan tionghoa di Palembang. Penunjukkan yang dilakukan pemerintah kolonial Belanda tersebut menyusul runtuhnya Kesultanan Palembang Darussalam pada masa yang sama, yaitu pada tahun 1821-1825. Belanda mengukuhkan kampung tionghoa di Seberang Ulu yang kini dikenal dengan nama Kampung Kapitan demi mempermudah proses administrasi mereka dalam penarikan pajak dan pungutan lainnya dari masyarakat tionghoa. Kata Kapitan sendiri diambil dari nama pangkat yang dimiliki oleh pejabat tionghoa lain setelah Mayor Tjoa Kie Tjuan, yaitu Kapitan Tjoa Ham Lien. Di masa kini, pangkat kapitan tersebut kiranya serupa dengan pangkat kapten. Setidaknya terdapat tiga macam jabatan hierarkis yang mungkin dimiliki oleh pejabat tionghoa, yaitu : mayor, kapitan dan letnan. Nama Kampung Kapitan sendiri diambil dari nama seorang pejabat lain yang berkuasa setelah Mayor Tjoa Kie Tjuan, yaitu Kapitan Tjoa Ham Liem. Kegiatan Kapitan Tjoa Ham Liem dalam melayani masyarakatnya berpusat di rumah panggung utama yang ada di Kampung Kapitan.

Seiring dengan waktu, kapitan mulai kehilangan fungsi dan perannya dalam masyarakat Palembang. Struktur masyarakat menjadi semakin kompleks dan mengharuskan pemerintah kolonial Belanda untuk melakukan berbagai reformasi dalam bidang administrasi publik, salah satunya adalah dengan menghapuskan jabatan-jabatan khusus yang berfokus pada ras tertentu.

Meski tak lagi aktif berfungsi sebagaimana mestinya, keberadaan Kampung Kapitan nyatanya tetap menancapkan pengaruh yang kuat dalam masyarakat Palembang, khususnya bagi komunitas tionghoa. Pasca kemerdekaan, umat Kong Hu Chu yang hendak melakukan sembahyang Cap Go Meh di Pulau Kemaro biasanya terlebih dahulu mengunjungi Kampung Kapitan. Namun lagi-lagi, tradisi tersebut lambat-laun juga ditinggalkan. Salah satu visi utama dari digelarnya Festival Cap go Meh di Kampung Kapitan adalah untuk menganulir hal tersebut.

Cantiknya Kampung Kapitan Kini

Benar rupanya, Kampung Kapitan sudah bermetamorfosis. Jika dulu hanya ada lapangan kosong tak terurus di depan Rumah Kapitan, maka kini sebuah taman kecil dan tugu dari batu telah hadir mempercantik kampung tersebut. Lagu berbahasa mandarin terdengar saat aku memasuki kompleks Kampung Kapitan, berkejaran dengan aroma hio yang menguar di udara. Puluhan lampion tergantung melintang di berbagai penjuru kampung. Sayangnya aku berkunjung di siang hari, sehingga tidak berkesempatan menyaksikan cantiknya nyala lampion-lampion tersebut. Selain lampion, pemilik Rumah Kapitan dan penyelenggara Festival Cap Go Meh di Kampung Kapitan turut memajang beberapa koleksi bersejarah dari leluhur pemilik rumah, seperti altar sembahyang, sepeda ontel tua, baju khas zaman kekaisaran Tiongkok dan sebuah becak cina (rickshaw) yang dijadikan latar selfie oleh pengunjung festival.

Lampion yang menghiasi Rumah Kapitan (sumber : redaksi)

Berbagai stand makanan digelar selama festival. Bagian uniknya adalah, ternyata penyelenggara acara sudah menyiapkan alat pembayaran khusus untuk berbelanja di festival tersebut, berupa uang mainan yang disebut ‘uang kapitan’. Selama festival berlangsung, penjaja makanan di lokasi festival hanya akan menerima pembayaran dalam bentuk uang kapitan tersebut. Uang kapitan sendiri memiliki satuan yang serupa seperti uang rupiah biasa, mulai dari 5 hingga 100. Namun lagi-lagi, karena aku datang di hari terakhir festival, uang kapitan ini sudah tidak banyak dipakai lagi. Walhasil, aku bisa mendapatkan sebotol teh manis dengan membayar 5000 perak saja.

Ada Apa di Dalam Rumah Kapitan?

Puas mengelilingi bagian luarnya, aku pun melangkah masuk ke bagian dalam Rumah Kapitan. Setidaknya kini terdapat lima unit rumah berarsitektur serupa di dalam kompleks Kampung Kapitan, dengan dua diantaranya dijadikan sentral dalam festival ini. Dua rumah utama ini sungguh unik, karena selain bentuknya yang seolah dibuat serupa, keduanya tersambung lewat sebuah selasar kayu yang berfungsi seperti lorong penghubung. Dari jauh, kedua rumah tersebut seolah tampak seperti satu rumah. Usut punya usut, ternyata dulunya pernah berdiri satu rumah lagi yang serupa, sehingga total terdapat tiga rumah kembar yang berjejer, hanya saja rumah ketiga tersebut sudah lama dirobohkan.

Pemandangan Rumah Kapitan dari luar (sumber : redaksi)

Di beranda salah satu rumah, sebuah altar dan sepeda ontel terpajang. Beberapa baris kursi cantik disusun rapi di beranda dan ruang tamunya. Rumah satu ini sengaja dikhususkan untuk tamu-tamu istimewa dalam penutupan Festival Cap Go Meh di Kampung Kapitan tersebut sore harinya kemudian. Sementara di rumah satu lagi yang kayunya berwarna lebih gelap, beberapa meja disusun rapi di dekat pintu masuknya. Tadinya disana telah digelar cek kesehatan gratis bagi masyarakat setempat. Akhirnya kuputuskan untuk masuk ke rumah satu ini saja.

Rumah Kapitan mengingatkanku pada rumah Baba Ong Boen Tjit yang pernah kukunjungi beberapa waktu sebelumnya. Bedanya, Rumah Ong Boen Tjit berbentuk rumah panggung kayu yang berdiri persis di tepian sungai, sementara Rumah Kapitan berdiri di atas tanah yang lebih keras dan tembok lantai dasarnya dibangun dari batu bata. Jelas terdapat asimilasi arsitektur bangunan Belanda, Tionghoa dan Melayu pada Rumah Kapitan. Arsitektur Melayu Palembang tampak pada adanya kekijing (undakan) yang membagi ruangan-ruangan di dalam rumah menjadi beberapa segmen.

Di ruang tamu, terpajang beberapa foto hitam putih dan lukisan. Beberapa bingkai yang tergantung di tembok juga diisi dengan berbagai sertifikat penghargaan dan ucapan terima kasih. Salah satunya menyatakan bahwa Rumah Kapitan diresmikan sebagai cagar budaya sejak tahun 2013. Penghargaan lainnya diberikan oleh berbagai instansi dan lembaga pendidikan yang kerap melakukan kunjungan studi ke Kampung Kapitan setelah peresmian tersebut. Di salah satu sisi rumah juga terdapat infografis sejarah berdirinya Kampung Kapitan, disumbangkan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Sriwijaya. Kampung Kapitan dibentuk pada tahun 1825, tepat setelah Kesultanan Palembang Darussalam runtuh.

Infografis sejarah Kampung Kapitan (sumber : redaksi)

Masuk ke ruangan tengah, sebuah altar persembahan tergelar. Beberapa hio tampak belum lama ditancapkan, seolah berlomba cepat habis dengan lilin-lilin di sekitarnya. Di ruangan berikutnya, terdapat sebuah beranda lain dan ruangan terbuka di tengah rumah. Menurutku pribadi, bagian ini adalah yang paling eksentrik dari Rumah Kapitan, mengingat umur rumah tersebut sendiri sudah hampir mencapai 200 tahun dan model ruangan tersebut sebenarnya terbilang cukup modern—atau setidaknya, sangat familiar dengan desain rumah masa kini. Beranda tempatku berdiri berbentuk persegi panjang, mengitari sepetak lahan kosong tak beratap yang terletak di lantai dasar. Terdapat sepasang tangga di kanan-kiri beranda untuk turun kesana. Di seberang beranda tempatku berdiri, terdapat ruangan lain yang nampak  seperti kamar dan ruang keluarga. Di sisi kiri beranda, terdapat dapur yang terbuka, ruang makan dan kamar mandi, sementara sisi di sisi kanan ada selasar kayu yang menghubungkan rumah tersebut dengan Rumah Kapitan lain di sebelahnya.

Meja sembahyang di ruang tengah Rumah Kapitan (sumber : redaksi)

Di beranda inilah, aku berjumpa dengan Koh Eng Sui, pria ramah berusia 69 tahun yang mengurus rumah tersebut. Eng Sui adalah keturunan ke-14 dari Sang Kapitan itu sendiri. Eng Sui dengan antusias menceritakan berulang-ulang tentang detil dan sejarah Rumah Kapitan kepada tiap pengunjung yang tak henti berdatangan. Ketika ditanya sebanyak apa kira-kira jumlah keluarga Sang Kapitan hingga kini, ia menggambarkannya dengan sebuah analogi.

“Bayangin kereta penumpang jalur Palembang-Lampung, yang satu gerbong bisa muat sampai 60 orang. Nah, semua gerbongnya penuh dari pangkal sampai ujung. Dan itu yang mengisinya baru generasi ke-14 dan ke-15 saja”, tuturnya bersemangat.

Eng Sui, generasi ke-14 dari pemilik Rumah Kapitan

Harapan Pasca Festival Cap Go Meh

Meski telah ditetapkan sebagai cagar budaya, jumlah kunjungan turis ke Kampung Kapitan sebenarnya belum terlalu tinggi. Bahkan tidak semua warga Palembang yang bermukim di Seberang Ulu pernah berkunjung ke destinasi wisata bersejarah satu ini. Hal tersebutlah yang  hendak diubah oleh Pemkot Palembang melalui Festival Cap Go Meh di Kampung Kapitan. Berbagai teknik promosi yang unik dilancarkan, dimulai dengan transportasi air gratis, uang kapitan, stand dan bazar makanan, kontes foto serta peminjaman pakaian khas Kerajaan Tiongkok. Salah satu hal yang diharapkan ke depannya selain peningkatan kunjungan turis, adalah semakin populernya lagi Kampung Kapitan di antara masyarakat Palembang.

(Artikel yang sama juga dimuat di blog redhonugraha.blogspot.com)

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 17%
Pilih Terpukau Terpukau 33%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu