Serunya Berwisata ke Bukit Serelo

Serunya Berwisata ke Bukit Serelo
Bukit Serelo © wikimapia

Bukit Serelo terletak di Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat Sumatra Selatan. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 900 mdpl dan berjarak sekitar 276 km dari Palembang.
Bukit Serelo lebih dikenal dengan sebutan Bukit Jempol atau Gunung Jempol. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bentuk dari Bukit Serelo yang menyerupai ibu jari manusia. Bukit ini merupakan salah satu landmark yang menjadi kebanggaan masyarakat Lahat. Bukan sekedar bukit, jika berwisata ke Bukit Serelo, akan ada banyak hal-hal menarik yang dapat kita nikmati. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Sungai Lematang

©southsumatratourism

Bukit Serelo atau Gunung Jempol yang juga merupakan bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh sungai lematang.  Sungai ini termasuk salah satu sungai terpanjang di Sumatra Selatan dengan panjang sungai 244 km. Daerah Aliran Sungai (DAS) 7.380 km2. Sungai Lematang melewati tiga kabupaten di Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Musi Bayuasin yang bermuara di sungai Musi. Kejernihan Sungai Lematang membuat pemandangan di sekitar Bukit Serelo semakin indah. 

Taman Pusat Pelatihan Gajah

©jalurwisata

Di kaki Bukit Serelo terdapat sebuah tempat pelatihan gajah yakni Sekolah Gajah Perangai. Disana gajah-gajah dilatih agar menjadi jinak dan dapat sedikit membantu pekerjaan manusia seperti mengangkat barang-barang berat atau kayu. Setidaknya ada sekitar 40 ekor gajah telah dijinakkan di tempat ini. Selain dapat melihat gajah-gajah berlatih, pengunjung juga dapat mengambil foto bersama gajah-gajah tersebut atau berjalan-jalan menikmati pemandangan alam di sekitar Bukit Serelo dengan menaiki gajah.

Flora dan Fauna Asli Indonesia

Masih dalam kawasan Bukit Serelo, Di area seluas 210 hektar ini kita dapat menemukan berbagai flora dan fauna Indonesia seperti puspa (Schima walichii), sungkai (Peronema canesem) dan jenis-jenis tumbuhan yang biasanya terdapat pada hutan sekunder lainnya. Sedangkan untuk jenis fauna yang dapat ditemukan di Bukit Serelo adalah kera ekor panjang (Macaca fascicularis), cengkok (Macaca sp.), kancil (Trangulu sp.), rusa (Cervus sp.), kijang (Muntiacus muncak), babi rusa (Sus sp.) dan berbagai jenis burung serta ayam hutan. Lumayan kan untuk menambah pengetahuan kita!

Pemandangan dari Atas Bukit Serelo

©tempatwisataindonesia

Bagi pengunjung yang berhasil mendaki puncak Bukit Serelo, anda dapat menikmati indahnya pemandangan sekitar termasuk gemerlap lampu dari pemukiman warga yang bertebaran seperti bintang pada malam hari. Dan yang tak kalah menarik dan paling ditunggu-tunggu pengunjung adalah menyaksikan matahari terbit dengan udara yang begitu segar di pagi hari dari atas Bukit Serelo. Untuk dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit ini memang tidak mudah. Jarak pendakian yang cukup jauh, dan medan bukit yang licin menyebabkan proses pendakian Bukit Serelo cukup sulit. Namun tidak perlu kecewa, pengunjung yang tidak dapat mendaki hingga ke puncak bukit dapat mendirikan tenda dan berkemah di sekitar kaki bukit yang memang sering dijadikan lokasi perkemahan anak-anak pramuka dan para pecinta alam. Di kaki Bukit Serelo ini juga terdapat tebing yang kerap dijadikan lokasi pelatihan Panjat Tebing  yang disebut kedaton II. Menarik bukan? Tunggu apa lagi, yuk berkunjung ke salah satu landmark Kabupaten Lahat ini!


Sumber: jalurwisatapariwisata.lahatkab

Pilih Bangga Bangga 40%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 20%
Pilih Terpukau Terpukau 40%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu