Kampung Sekanak, Kampungnya Para Bangsawan

Kampung Sekanak, Kampungnya Para Bangsawan
Kota Tua © Pexels

Layaknya kota-kota lainnya, seperti kota tua di Jakarta yang terkenal sebagai kediaman bagi orang-orang asli Jakarta, Kampung Sekanak pun memiliki kisah yang sama. Kampung ini memiliki tempat khusus di lembar sejarah kota Palembang. Sekanak dulunya merupakan benteng pertahanan terakhir Kesultanan Palembang Darussalam saat melawan serangan dari tentara Belanda.

Kampung Sekanak terletak di Kelurahan 7 Ilir IT I Palembang. Kampung ini dikenal sebagai kawasan pemukiman tua yang diduduki oleh masyarakat asli Palembang. Selain menjadi benteng pertahanan, Pada masa Kesultanan Palembang Darussalam, Kampung Sekanak ternyata dulunya merupakan kawasan kediaman para bangsawan dari Palembang yakni sahabat dan rekanan dari Sultan Mahmud Badaruddin II.

©beritasumatera
©beritasumatera

Para bangsawan tersebut menempati rumah-rumah limas (rumah khas Palembang) yang megah. Rumah-rumah limas itu bahkan masih bisa ditemukan di kawasan Kampung Sekanak. Bahkan banyak bangunan-bangunan yang usianya lebih dari 100 tahun dapat kita lihat di kawasan ini. Karena itulah Kampung Sekanak juga sering disebut sebagai kota tuanya Palembang.

Dengan menetapnya para bangsawan di Kampung Sekanak, kawasan ini pun menjadi ramai dan banyak kegiatan berarti yang dilakukan di kawasan ini. Baik dari sekedar pertemuan-pertemuan biasa hingga transaksi ekonomi. Ditambah lagi dengan lokasinya yang strategis, dimana terdapat anak Sungai Musi yang dinamai Sungai Sekanak mengalir di kawasan ini.

©laskarwongkito

Sungai Sekanak dulunya sering dilalui oleh pedagang-pedagang dari Asia yang selanjutnya berdagang di kawasan tersebut. Karena itulah Kawasan Sekanak sangat aktif dalam kegiatan perdagangan bahkan sampai dianggap sebagai pusat transaksi ekonomi. Kampung Sekanak bahkan hingga saat ini sangat dikenal dengan pasar tradisionalnya yakni Pasar Sekanak. Pasar Sekanak terletak tak jauh dari Kantor Walikota Palembang. Bangunan pasar ini sangat identik dengan sentuhan arsitektur Belanda. Meski telah mengalami perkembangan dan mendapat sentuhan, modernisasi, Pasar Sekanak masih dikenal sebagai pasar darat tertua. Masih banyak bangunan-bangunan tua sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam yang dapat ditemui di Kawasan Sekanak yang dulunya dihuni oleh golongan bangsawan.


Sumber: laskarwongkito | sinarmusiampera 

Pilih Bangga Bangga 86%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 14%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu