Lahat : Surganya Berbagai Air Terjun Cantik!

Lahat : Surganya Berbagai Air Terjun Cantik!
Air Terjun Curup Maung, salah satu air terjun di Lahat © lihat.co.id

Kalian suka berwisata alam? Atau ingin menikmati indahnya air terjun? Kabar gembira untuk kalian! Sumatera Selatan punya daerah yang memiliki banyak air terjun cantik, Lahat namanya!

            Lahat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatra Selatan. Jaraknya sekitar 250 km dari kota Palembang, atau dapat ditempuh sekitar 5 – 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Kabupaten yang dijuluki Bumi Seganti Setungguan ini memiliki banyak destinasi air terjun yang tersebar di berbagai kecamatan, loh! Yuk, intip beberapa diantaranya!

1. Air Terjun Tujuh Tingkat (Curup Buluh)

Air Terjun Tujuh Tingkat (Curup Buluh) ©tribunnews

Air Terjun Tujuh Tingkat atau biasa disebut Curup Buluh terletak di Desa Lubukselo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Dalam bahasa masyarakat setempat, curup memiliki arti air terjun, dan buluh memiliki arti bambu. Disebut curup buluh, karena di sekitar air terjun yang memiliki undakan-undakan sebanyak 7 tingkat ini terdapat banyak tanaman bambu. Indah, bukan?

2. Air Terjun Gunung Nyawe (Curup Gunung Nyawe)

Air Terjun Gunung Nyawe ( Curup Gunung Nyawe) ©bp.blogspot.com

Air terjun ini terletak di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Berbeda dari Curup Buluh yang dindingnya berunda-undak hingga 7 tingkatan, air terjun yang biasa disebut Curup Gunung Nyawe ini memiliki dinding yang berwarna kekuningan yang menambah keindahan air terjun ini. Air yang jatuh di Curup Gunung Nyawe ini pun terlihat halus dan jernih. Air terjun ini berperan penting bagi kehidupan masyarakat Talang Sejemput. Karena perannya bagi kehidupan masyarakat sekitarlah air terjun ini disebut Curup Gunung Nyawe atau dalam bahasa masyarakat lokal berarti air terjun penyambung nyawa.

3. Curup Maung

Curup Maung ©lihat.co.id

Berbeda dari kedua air terjun sebelumnya, air terjun yang terletak Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat ini memiliki ukuran tinggi 80 meter dan lebar 80 meter. Bayangkan saja, di sepanjang 80 meter ini aliran air terjun terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan hijau. Sungguh indah!

Selain ketiga air terjun di atas, Lahat masih menyimpan banyak air terjun indah lainnya. Sudah tidak sabar ingin menikmati keindahannya? Yuk, ke Lahat!

Sumber : ( ksmtourtribunnews pariwisata.lahatkabtribunnews )

Pilih Bangga Bangga 40%
Pilih Sedih Sedih 7%
Pilih Senang Senang 13%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 13%
Pilih Terpukau Terpukau 27%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu