Kisah dibalik Tari Silampari

Kisah dibalik Tari Silampari
Tari Silampari ©linggaupos

Tari Silamapari ini bercerita tentang seorang putri cantik anak dari Raja Linggau yang hilang dibukit sulap dan  kini tempat itu telah  menjadi destinasi di Kota Lubuklinggau.

Dahulu kala, ada seorang putri cantik bernama Dayang Torek. Dia adalah putri dari pasangan Selendang Kuning  dengan Raja Gindo Ulak Lebar . paras cantik yang dimiliki oleh Dayang Torek ini terkenal sampai ke pelosok negeri.  sampai  terdengar juga ketelinga  Pangeran Palembang. Sang Pangeran memiliki niatan untuk meminang Dayang Torek dan juga berkeinginan menyatukan Palembang dan Lubuklinggau.

Namun , ketika Pangeran mengutarakan maksudnya dengan Dayang Torek .ternyata Dayang Torek  menolak dengan alasan belum mau berumah tangga. Pangeran berusaha menutpi kesedihnnya, tetapi di dalam hati dia mengatakan suatu saat Dayang Torek pasti akan dipersuntingnnya . akhirnya Dayang Torek pun diculik oleh orang suruhan Pangeran dan dibawa paksa ke Palembang untuk bisa dinikahinya.

Semua penduduk kebingungan mencari dayang torek kemana-mana namun tidak bertemu juga, barulah diketahui jika Dayang Torek telah diculik oleh orang suruhan Pangeran. Setelah bertemu, Dayang Torek ternyata telah memiliki anak dari sang Pangeran. Saudara Dayang Torek berhasil membawanya kabur beserta anaknya. Akhirnya sampailah mereka di tepi Sungai Kelingi di kaki Bukit Sulap. Disitulah anak tersebut kemudian dibunuh oleh saudara Dayang Torek dengan menggunakan taring yang telah disiapkan.

Karena itulah akhirnya Dayang Torek meminta pada dewata untuk diangkat ke khayangan dan  dayang torek pun  menghilang tak bisa ditemui lagi. Sejak saat itu, untuk bisa terus mengenang peristiwa di bukit sulao masyarakat setempat  menyebutnya dengan silampari.


Sumber: okezone ; budayaindonesia

Pilih Bangga Bangga 20%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 40%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 40%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu