Museum Balaputra Dewa Simpan Rumah Limas di Uang Rp.10.000 Lama

Museum Balaputra Dewa Simpan Rumah Limas di Uang Rp.10.000 Lama
Museum Balaputradewa ©museumnegerisumsel

Kota Palembang telah dikenal sebagai kota yang menyimpan banyak wisata sejarah dan budaya. Pasalnya, ratusan tahun yang lalu, kota ini pernah menjadi pusat salah satu kerajaan mahsyur di Indonesia, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Di Palembang, ada banyak musem yang menyimpan dengan baik berbagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang di temukan di Sumatera Selatan,  sekaligus merekam cerita peninggalan sejarah dan budaya di Palembang dengan baik. Salah satu dari museum tersebut adalah Museum Balaputa Dewa.

Museum Balaputra Dewa diresmikan pada tanggal 5 November 1984. Museum yang terletak di Jl. Srijaya I No. 288, Km 5,5 Palembang adalah salah satu Museum Negeri Sumatera Selatan yang menyimpan warisan budaya Sumatera Selatan di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang.

Di dalam bangunan museum ini, terdapat 3 ruang pameran yang memisahkan peninggalan-peninggalan sejarah berdasarkan 3 kelompok, yaitu : peninggalan jaman pra-sejarah, peninggalan jaman kemerdekaan, dan peninggalan budaya Palembang. Di luar ketiga ruangan tersebut, terdapat banyak koleksi patung dan peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya berukuran besar yang dipajang terbuka.

©hellopet

Yang membuat museum ini berbeda dari museum lainnya di Palembang adalah rumah Limas yang menjadi koleksi dengan ukuran terbesar yang dimiliki museum ini. Tak hanya sekedar bangunan rumah tradisional Palembang, rumah Limas yang berada dalam kompleks museum ini juga berisi perabotan rumah tangga dan dekorasi interior antik peninggalan kebudayaan Palembang yang ditata sebagai gambaran fungsi  rumah Limas sebagai tempat tinggal tradisional masyarakat Palembang. Rumah Limas bisa dimasuki langsung oleh pengunjung. Menariknya, Rumah Limas di kompleks Museum Balaputra Dewa ini merupakan ikon yang terdapat dalam uang rupiah kertas pecahan Rp.10.000 lama.

©kumparan

Selain rumah Limas, dalam kompleks museum ini juga terdapat Rumah Ulu yang merupakan rumah tradisional masyarakat Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan. Namun, rumah ini tidak dilengkapi dengan alat-alat rumah tangga atau peninggalan kebudayaan seperti yang ada pada rumah Limas dan tidak bisa dimasuki oleh pengunjung.

Museum Balaputra Dewa dapat dikunjungi hari Selasa-Minggu, kecuali hari Senin dan hari libur nasional, sebagai pilihan wisata sejarah dan budaya menarik di Palembang.

Pilih Bangga Bangga 71%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 10%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 10%
Pilih Terpukau Terpukau 10%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu