Penyuka pasta? Kamu harus coba spageti ala Palembang ini!

Penyuka pasta? Kamu harus coba spageti ala Palembang ini!
Mie celor palembang ©resepkoki

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman yang tentunya memiliki banyak sekali jenis makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia termasuk salah satunya dari ibu kota provinsi Sumatera Selatan, yakni Palembang. Sebagai negara dengan tingkat konsumsi mie instan tertinggi ke-2 di dunia, sudah pasti warga Indonesia tidak asing lagi dengan berbagai macam kuliner berbahan dasar mie yang bisa ditemukan di setiap daerah seperti mie aceh yang merupakan mie khas dari provinsi yang terkenal dengan julukan Serambi Mekah, atau mie khas Bandung yaitu mie kocok. Namun, pernahkah anda mendengar atau bahkan mencicipi mie celor? Mie celor termasuk salah satu kuliner berbahan dasar mie khas Indonesia yang berasal dari Palembang loh! Meski tampilannya lebih mirip udon, banyak orang menjuluki mie celor sebagai spagetinya orang Palembang.

Mie celor sangat terkenal di Sumatera Selatan terutama di kota Palembang. Mie celor disajikan dengan kuah santan yang dicampur dengan kaldu ebi atau udang dan telur. Mie yang digunakan berukuran lebih besar dari mie pada umumnya, yang menyerupai mie aceh atau udon khas dari negeri matahari terbit.

Mengapa disebut mie celor? Hal ini dikarenakan cara pembuatan mie celor itu sendiri yang dimasak dengan cara dicelor atau merendam mie di dalam air panas. Mie khas Palembang ini terkenal dengan cita rasa unik dari kuah kentalnya yang sangat creamy, gurih, manis, dan sedikit pedas. Jika udon biasanya disajikan dengan toping seperti tempura, yang terdiri dari gorengan ikan, udang, ubi, dan sayur, mie celor tidak kalah lezat! Mie yang juga dijuluki spageti ala Palembang ini disajikan dengan taburan udang, taoge, seledri, daun bawang, bawang goreng, dan tak lupa irisan telur rebus. Mie celor sangat nikmat untuk disantap selagi hangat terutama saat cuaca dingin.

Tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Palembang saja, mie celor juga menjadi favorit masyarakat dari berbagai daerah luar provinsi Sumatera Selatan loh! Terbukti dengan banyaknya wisatawan mampir ke rumah makan yang menyajikan mie celor di Palembang, serta beberapa restoran di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang yang turut menyajikan mie celor khas Palembang sebagai salah satu menu hidangan. Bagi anda yang penasaran dengan cita rasa dari mie celor, jangan lupa untuk mencicipi spageti khas bumi sriwijaya ini saat berkunjung ke Palembang!


Sumber: resepkoki.id

Pilih Bangga Bangga 41%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 29%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 12%
Pilih Terpukau Terpukau 18%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu