Sriwijaya Project 4.0 AIESEC in UNSRI Menganalisis Potensi Pariwisata di OKU Selatan

Sriwijaya Project 4.0 AIESEC in UNSRI Menganalisis Potensi Pariwisata di OKU Selatan
Foto bersama kegiatan Sriwijaya Project 4.0 AIESEC © AIESEC Unsri

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi yang sangat bagus di bidang pariwisata. Namun, meskipun memiliki keindahan yang sangat bagus tapi masih banyak terdapat beberapa masalah, salah satunya itu akses atau infrastruktur menuju tempat wisata tersebut itu masih dibilang susah. Selain itu, masyarakat setempat masih tidak menyadari potensi yang dimiliki dari tempat tersebut. Padahal potensi tersebut itu dimata orang luar sangat bernilai, salah satunya di OKU Selatan.

Berdasarkan fakta tersebut, Kamis (25/7) AIESEC in UNSRI mengadakan Roadshow ke SMA 1 Ranau Tengah melalui kegiatan Sriwijaya Project 4.0 dengan tema “Empowering Tourism”. Kegiatan ini dibuat untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan dari PBB nomor 8, yaitu Decent Work and Ecomonic Growth yang mana berfokus pada perkembangan pariwisata secara berkelanjutan.

Pada kegiatan Roadshow di SMA 1 Ranau Tengah ini, para Exchange Participant memberikan pendapat tentang objek wisata yang telah mereka kunjungi. Kemudian dilanjuti dengan kegiatan Forum Group Discussion untuk menganalisis beberapa potensi pariwisata di OKU Selatan, seperti Danau Ranau, Bukit Bersemi, Pulau Mariza, Air Terjun Subik Tuha, dan Kebun Kopi dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat). Para siswa dan Exchange Participant diharapkan untuk memberikan pendapat mereka mengenai potensi objek pariwisata tersebut. Setelah menganalisis beberapa objek pariwisata di OKU Selatan, hasil tersebut di presentasikan oleh siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Potensi pariwisata disini masih sangat alami dan bernilai tempat ini sangat kompleks, semua orang pasti ingin mengunjunginya dan saya yakin kepada pemerintah disini jika pemasaran pariwisata Danau Ranau diekspos dunia akan berpotensi besar dimasa depan untuk daerah ini” ungkap Hoon Yoo Exchanges Participant dari Korea Selatan.

Foto bersama siswa dan guru di SMA 1 Ranau Tengah/ Aisec Unsri

Foto bersama siswa dan guru di SMA 1 Ranau Tengah/AIESEC Unsri

Setelah diselenggarakan kegiatan Roadshow di SMA 1 Ranau Tengah ditutupi dengan sesi foto bersama siswa, guru, dan exchange participant di sekolah tersebut. Hasil dari analisis tersebut akan diberikan kepada Bupati OKU Selatan sebagai masukan untuk meningkatkan potensi pariwisata di OKU Selatan.


Sumber: (Media Patner AIESEC Unsri)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu