Impact Circle 2.0 AIESEC in UNSRI, Menjadi Relawan Sosial di Lingkungan Lintas Budaya

Impact Circle 2.0 AIESEC in UNSRI,  Menjadi Relawan Sosial di Lingkungan Lintas Budaya
© A. Redho Nugraha, Srivijaya.id

Dewasa ini, mendedikasikan diri sebagai relawan menjadi salah satu trendsetter di kalangan anak muda. Stigma yang mengatakan menjadi Volunteer atau Relawan itu buang-buang waktu dan tidak mendapat apa-apa seolah dipatahkan oleh semangat anak muda sekarang yang mulai tertarik untuk berkecimpung di dunia relawan.

Berdasarkan fakta tersebut, Sabtu(18/5) AIESEC in UNSRI berinisiatif untuk mengadakan Impact Circle 2.0 dengan tema “Calling Out for Local Volunteer” yang bertempatan di My Office Coworking Space, Palembang. Impact Circle AIESEC in UNSRI sendiri dibuat sebagai platform anak-anak muda, komunitas dan media untuk berbagi dan diskusi bersama mengenai topik yang sedang hangat di Kota Palembang. Tujuan dari Impact Circle AIESEC in UNSRI 2.0 kali ini yaitu ingin mengajak pemuda Palembang serta menjelaskan kepada mereka betapa pentingnya menjadi relawan di generasi sekarang.

“Di Impact Circle 2.0 kali ini kami mengundang Youges Putra Merly selaku Vice President Incoming Global Volunteer AIESEC in UNSRI serta Adelia selaku Ex-Local Volunteer dari proyek AIESEC in UNSRI. Kami ingin mengajak seluruh pemuda yang ada di Sumatera Selatan untuk sadar mengenai manfaat menjadi relawan itu sendiri dan terjun langsung merasakan menjadi relawan di suatu proyek sosial.” ujar Muhammad Wafi selaku Ketua Pelaksana Impact Circle.

Youges sendiri menjelaskan mengenai masalah-masalah yang ada di Palembang seperti contohnya di sektor pariwisata dan lingkungan. Hal itulah yang melatarbelakangi AIESEC in UNSRI untuk menggarap suatu proyek sosial bernama “Sriwijaya Project” yang memiliki fokus terhadap pariwisata dan “Greenesia Project” yang memiliki fokus terhadap lingkungan. Sementara Adelia, Ex-Local Volunteer dari proyek AIESEC in UNSRI sebelumnya yaitu “WASH x AMIR” menyampaikan pendapatnya betapa serunya terjun langsung ke masyarakat. Adel juga mengatakan jika banyak sekali perubahan yang bisa ia dapat dalam dirinya setelah menjadi relawan di AIESEC, salah satunya kepercayaan diri untuk komunikasi di depan umum.

Youges Putra Merly, saat memaparkan beberapa proyek sosial AIESEC in UNSRI © Humas Aiesec Unsri

Hal yang membedakan relawan AIESEC dengan yang lain adalah disini para relawan akan mengabdi bersama mahasiswa asing dari mancanegara. Ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan ketika menjadi relawan di AIESEC, salah satunya relasi internasional. Jadi, pemuda-pemuda di Palembang dapat merasakan serunya pengalaman menjadi relawan di lingkungan lintas budaya.

“Setelah mendengarkan cerita narasumber mengenai proyeknya, kami juga mengadakan Project Expo di akhir sesi. Jadi nanti pada sesi ini, para undangan bisa langsung mengunjungi stand proyek AIESEC in UNSRI dan bertanya lebih detail mengenai proyek itu sendiri.” jelas Wafi.

Foto bersama para undangan Impact Circle 2.0 AIESEC in UNSRI di akhir acara

© Humas Aiesec Unsri

Setelah itu, acara ditutup dengan buka bersama para undangan dengan seluruh panitia. Setelah diadakannya kegiatan ini, AIESEC in UNSRI berharap para pemuda di Palembang menjadi lebih sadar mengenai permasalahan sosial disekitar mereka dan bisa ikut serta untuk memberikan kontribusinya terhadap masalah yang ada di Palembang salah satu caranya yaitu menjadi Local Volunteer AIESEC in UNSRI.

Mengenai AIESEC in UNSRI

AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan telah tersebar di 26 Universitas. AIESEC in UNSRI sendiri merupakan Local Committe yang anggotanya mencangkup mahasiswa Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Setiap semester, AIESEC in UNSRI mengadakan proyek sosial yang berdasarkan poin-poin SDGs oleh PBB. Proyek sosial ini diikuti oleh puluhan mahasiswa asing dari berbagai negara dan juga mahasiswa lokal Palembang dari berbagai Universitas. Setiap proyek sosial berlangsung selama 6 minggu. Tujuan diadakannya proyek sosial ini sendiri adalah untuk mengembangkan leadership anggota dan juga turut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Palembang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AIESEC in UNSRI silahkan hubungi bagian Public Relations AIESEC in UNSRI, Meidiani Pratiwi, di nomor 082378675310, atau melalui e-mail meidiani.pratiwi5@aiesec.net

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu