Rangkul Komunitas Biker, Kemenhub Ingin Semua Budayakan Safety Riding

Rangkul Komunitas Biker, Kemenhub Ingin Semua Budayakan Safety Riding
Menhub RI, Budi Karya mengendarai sepeda motor bersama pegiat komunitas biker di Sumsel dan pejabat daerah setempat © beritasumatera.co.id

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tak hentinya mengampanyekan keselamatan berkendara (safety riding) bagi pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. Kali ini giliran Palembang yang disambangi oleh Kemenhub dan Menterinya, Budi Karya, tepatnya pada Sabtu (08/11) lalu dalam kegiatan bertajuk “Millenials Connected”.

Menhub Budi Karya tampil trendy dengan mengenakan kemeja putih dan jaket jeans, persis seperti kostum yang dikenakan Presiden RI, Joko Widodo saat touring menggunakan motor Chopper di kawasan Sukabumi yang sempat viral di internet beberapa waktu silam. Tentang penampilannya tersebut, Budi Karya menanggapi dengan hangat.

“Iyalah, kita pakai jaket seperti ini biar kelihatan selalu muda”, tuturnya, dilansir dari jawapos.com.

Menhub Budi Karya tampil mengendarai motor dengan kemeja putih dan jaket jeans © istimewa

Selain bersama staf Kemenhub, Budi juga didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi. Turut hadir pula Gubernur Sumsel, Herman Deru dan Walikota Palembang, Harnojoyo. Bersama-sama, mereka mengajak tak kurang dari 100 orang biker dari 18 komunitas motor di Palembang dan sekitarnya untuk mengampanyekan safety riding. Mereka mengendarai sepeda motor dengan pengaman lengkap dari Benteng Kuto Besak, hingga ke Gunz Cafe and Resto di Kambang Iwak, dimana acara inti Millenial Connected berlangsung. Selain berkendara, Budi Karya juga menyempatkan diri beramah-tamah dengan para biker dan memerika kendaraan.

Budi Karya mengaku ingin mengampanyekan keselamatan berkendara, seperti selalu menyalakan lampu sepeda motor meski di siang hari dan memakai helm sesuai standar keselamatan. Safety riding yang dilakukan bersama, selain bertujuan untuk mencontohkan cara berkendara yang baik, juga bertujuan untuk merangkul anak-anak muda pencinta sepeda motor dalam menyuarakan kebaikan berkendara.

"Kemenhub ingin sekali safety riding menjadi bagian yang penting. Anak-anak milenial yang gandrung dengan motor, silakan berkreasi. Lakukan inovasi dengan membangun motor custom dan sejenisnya tetapi jangan lupakan soal keselamatan baik standar kendaraannya maupun cara berkendaranya", tukas Budi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan pentingnya memperhatikan aspek keselamatan dalam hal apapun. Dia meminta anak muda Sumsel, khususnya generasi milenial untuk benar-benar menjadikan safety riding sebagai bagian dari budaya sehari-hari.

"Kita bangga dengan Pak Menhub. Beliau ini putera Sumsel kelahiran Palembang, wong kito. Kehadiran Beliau di sini dalam acara Millenial Connected adalah kesempatan untuk generasi milenial Sumsel belajar langsung dan mengambil teladan darinya", Pungkas Herman Deru.

Kampanye safety riding tersebut juga turut dimeriahkan dengan kehadiran artis nasional, Tata Janeeta.

(sumber : jawapos.com; suara.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu