Kunjungi Palembang, KRI Dewaruci Semarakkan Asian Games 2018

Kunjungi Palembang, KRI Dewaruci Semarakkan Asian Games 2018
Sambutan terhadap KRI Dewaruci yang berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang © wartabalionline.com

Berbagai event digelar berbarengan dengan berlangsungnya pesta olahraga Asian Games 2018 di Palembang. Selain di darat, kesemarakkan event empat tahunan tersebut juga menjalar di atas air. Tepatnya di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, kapal latih TNI AL legendaris Indonesia yang bernama Dewaruci berlabuh dan dibuka untuk masyarakat Palembang secara umum.

Laksamana Madya (Purn.) Budoharjo, Sekjen Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) berujar bahwa kehadiran KRI Dewaruci selain untuk memeriahkan HUT RI juga untuk mendukung kegiatan Asian Games 2018.  "Warga Palembang sangat antusias dengan pelayaran kami. Mereka tertarik mengenal KRI Dewaruci yang sudah melanglang buana hingga ke luar negeri", terangnya, dilansir dari liputan6.com.

KRI dalam Asian Games 2018

KRI Dewaruci yang ramai dikunjungi masyarakat Palembang © sumsel.tribunnews.com

KRI Dewaruci terkenal sebagai simbol kejayaan TNI AL di lautan Indonesia. KRI Dewaruci biasa dilibatkan dalam berbagai event seremonial nasional maupun mancanegara, di antaranya seperti Kapal Pemuda Nusantara (KPN), Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) jalur pelajar, serta yang paling baru adalah kirab obor (torch relay) Asian Games 2018. KRI Dewaruci mengawali perjalanan dari Surabaya pada 23 Juli dengan tujuan pelabuhan pertama di Kota Makasar, Sulawesi Selatan, 27 Juli 2018 lalu untuk berpartisipasi dalam acara torch relay atau kirab obor api Asian Games. Kedatangan KRI Dewaruci di Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII bersama Jakarta bertujuan  membawakan misi mengamankan dan menyukseskan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia tersebut. Kapal dengan panjang 58,5 meter dan lebar 9,5 meter tersebut juga dihiasi dengan bendera seluruh negara peserta Asian Games 2018.

"Setelah melakukan pelayaran yang cukup panjang, dalam kesempatan berlabuh di Palembang, KRI Dewaruci berpartisipasi menyemarakkan pembukaan Asian Games," ujar Letkol Pelaut Waluyo,  dilansir dari Antara. Dia menjelaskan, kapal latih legendaris milik TNI AL itu berlabuh di Pelabuhan Boom Baru Palembang pada Kamis (16/08) sekitar pukul 11.30 WIB setelah sehari sebelumnya bersandar di pelabuhan PT Pertamina, Plaju pada Rabu (15/08). Selama berada di Palembang, pihaknya membuka kesempatan masyarakat naik ke atas kapal (open ship) untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai kapal latih tiang tinggi buatan Jerman itu. Masyarakat yang berkunjung akan disambut dan menerima penjelasan mengenai sejarah kapal dari awak kapal yang dipimpin Eksekutif Tertinggi (Executive Officer) Perwira Pelaksana Mayor Laut Sriadi.

Kedua Kalinya Mengunjungi Palembang

Kapal yang memperkuat jajaran TNI AL sejak 1953 itu telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia, yakni pada 1964 dan 2012. KRI Dewaruci juga tercatat pernah bersandar di Pelabuhan Boom Baru Palembang pada tahun 1971 atau 47 tahun lalu. Kunjungan KRI dewaruci tahun ini merupakan kunjungan kedua yang pernah dilakukan.

Laksdya TNI (Purn.) Djoko Sumaryono dan Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo, SH., M.Tr. (Han)., disambut dengan pengalungan selendang dan topi khas Palembang © wartabalionline.com

Selain mengadakan open ship, digelar pula kegiatan nonton bareng pembukaan Asian Games di atas geladak kapal. Open ship berlangsung hingga hari Ahad (19/08), sebelum akhirnya KRI Dewaruci akan melanjutkan pelayaran ke Jakarta pada hari yang sama untuk menyemarakkan lomba perahu layar dan jetski di Pantai Ancol, Jakarta Utara.

(sumber : kompas.com; liputan6.com; )

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu