Sajikan 18.818 Pempek, Palembang Pecahkan Rekor Muri Pempek ber- SNI Lho!

Sajikan 18.818 Pempek, Palembang Pecahkan Rekor Muri Pempek ber- SNI Lho!
Penyajian Pempek Ikan ber-SNI Pecahkan Rekor MURI Posted © Beritalima.com

Pesta Olahraga Akbar Asian Games 2018 ini telah  menjadi momentum untuk memperkenalkan salah satu makanan khas  tradisional dari Palembang yakni “Pempek”.  Kota Palembang telah berhasil memecahkan Rekor MURI dengan sajian pempek ikan berstandar nasional Indonesia (SNI) sebanyak 18.818 buah. Pemecahan rekor ini pun dibuat sama dengan waktu pelaksanaannya Asian Games 2018. Pemecahan Rekor Muri Penyajian Pempek ber-SNI Terbanyak ini dilakukan di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (8/8),

Dalam acara pemecahan rekor muri tersebut disaksikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya didampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib, dan Deputi Bidang Informasi BSN Dr Zakiah.

Deputi Bidang Informasi dan Kemasyarakatan BSN Dr Zakiyah mengatakan."Rekor Muri Pempek ber-SNI sebanyak 18.818 buah ini adalah langkah awal untuk mempromosikan pempek menjadi produk global sehingga temanya menjadi pas, yaitu 'Pempek Goes Global Starting from Asian Games'," ungkapnya.

Pempek dipasok oleh 3 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pempek yang sudah ber-SNI, yaitu Pempek Rizky, Pempek Honey, dan Pempek Tince yang merupakan binaan BSN.

Sesuai dengan UU No 20 tahun 2014 tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian, BSN bekerjasama dengan stakeholder melakukan pembinaan penerapan SNI kepada UMKM sampai dengan sertifikasi SNI.

Upaya ini dilakukan untuk bisa meningkatkan daya saing produk UMKM Indonesia agar mampu berdaya saing baik ditingkat nasional maupun global.Setiap harinya kurang lebih ada  7 ton pempek yang dikirim ke luar Palembang, sebagian dikirim ke negara tetangga kita, yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi menyebutkan lebih dari 4.000 UMK pempek dan produk olahan ikan lainnya. Hal ini bisa menjadi modal dasar untuk  mengembangkan SNI Pempek menjadi standar pangan Dunia. Pempek yang sudah ber-SNI sudah melalui tahapan pengujian laboratorium terakreditasi KAN dan proses produksi yang sesuai dengan standar keamanan pangan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan  "Palembang memiliki dua potensi yang dapat mendunia yaitu pempek dan songket. ia berharap, keduanya bisa menjadi potensi yang mampu mendorong Palembang semakin dikenal dunia dan wisatawan tertarik untuk  mengunjungi Palembang."

Sumber: Tribun.com

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu