Lewati Udara, Air dan Darat, Obor Asian Games 2018 Besok Siap Dikirab Berkeliling Sumsel
Penyerahan api obor di atas dermaga Benteng Kuto Besak, sesaat setelah kapal yang emngangkut obor tersebut berlabuh © A. Redho Nugraha, srivijaya.id

Kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 di Palembang berlangsung spektakuler. Sesuai rencana, setelah api obor tiba di Palembang pada hari sebelumnya, api obor tersebut kemudian diterbangkan dari Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang, pagi ini menuju Komplek Jakabaring Sport City (JSC). Api obor tersebut kemudian dibawa oleh 54 penerjun payung gabungan pasukan Paskhas TNI AU dan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) setelah pesawat penerjun melakukan aksi akrobatik di atas JSC. Pesawat aerobatik Hercules tersebut dipiloti oleh Marsdya TNI (Purn.) Eris Haryanto yang berusia 63 tahun.

Pasukan penerjun payung saat mendaratkan api obor Asian Games 2018 di Komplek JSC © antarafoto.com

Saat api obor Asian Games dibawa mendarat di atas rumput hijau JSC pada pukul 08.00 WIB, pertunjukkan sebenarnya baru saja dimulai. Api langsung disambut oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, untuk kemudian dinyalakan dan dibawa oleh Gubernur Alex Noerdin dalam lari estafet 50 meter. Alex Noerdin kemudian mengoper obor tersebut kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yang lalu berlari membawa obor Asian Games 2018 keluar JSC menuju jalan raya, diikuti oleh puluhan personel TNI, Polri, beserta pelari dari pihak sponsor dan atlet-atlet berprestasi. Diantara rombongan tersebut, tampak Ivann Lie, seorang mantan atlet bulutangkis kawakan dan artis Mikha Tambayong.


"Mimpi dan persiapan sudah sejak tahun 2011. Akhirnya jadi kenyataan dan dapat kita lihat hari ini, the dream comes true", ujar Alex Noerdin dengan penuh rasa bangga, dilansir dari detik.com.

Sesuai dengan rencana, obor Asian Games 2018 dibawa berkeliling Palembang melalui jalan protokol dan beberapa jalan arteri di Palembang. Tak kurang dari 1.200 orang turut meramaikan pawai guyub yang mengiringi obor Asian Games, termasuk anggota komunitas MSI (Masyarakat Sepeda Indonesia) dan SKIN (Suzuki Katana Jimny Indonesia). Pawai yang melintasi 24 km jalan Palembang tersebut berakhir di Jl. Dr. M. Isa, karena dari sanalah obor kemudian diberikan kepada pelari estafet yang sudah berisaga untuk membawa api obor ke Plaza BKB.

Perjalanan api obor ternyata belum berakhir di Plaza BKB. Api kemudian diangkut ke atas bus air, untuk kemudian diarak mengelilingi obyek wisata air Pulau Kemaro dan Kampung Al-munawwar. Bus air tersebut diiringi oleh puluhan perahu ketek yang telah dihiasi atribut Asian Games 2018.

 Kapal yang mengangkut obor Asian Games 2018 siap berlabuh di dermaga BKB © A. Redho Nugraha, srivijaya.id

Meski terlambat berlabuh kembali di Plaza BKB, antusiasme masyarakat menyambut obor Asian Games 2018 tidak surut. Api obor dioper di atas dermaga kepada panitia yang telah berjaga-jaga. Obor tersebut kemudian kembali diarak dengan berlari oleh puluhan pelari dari TNI dan Polda menuju Rumah Dinas Walikota Palembang.

Pihak kepolisian berfoto dengan api obor Asian Games 2018 sesaat setelah tiba di Rumah Dinas Walikota Palembang © A. Redho Nugraha, srivijaya.id

Api obor Asian Games 2018 untuk malam ini akan disemayamkan di kediaman Walikota Palembang, untuk berikutnya kembali dikirab berkeliling tujuh kabupaten dan kota di Sumsel dengan jadwal sebagai berikut : Banyuasin (5 Agustus), Musi Banyuasin (5-6 Agustus), Pali dan Prabumulih (6 Agustus), Ogan Ilir dan OKI (7 Agustus). Sementara pada tanggal 7-8 Agustus mendatang, api obor Asian Games ditargetkan telah tiba di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, sebelum nantinya dikirab berkeliling Provinsi Lampung. Selama kirab tersebut, akan digelar kegiatan seni dan budaya yang meriah di tiap-tiap tempat perhentian.

(referensi : news.detik.com; sripoku.com)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu