Catat! Inilah Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Palembang!

Catat! Inilah Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Palembang!
Suasana saat kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 di Banjarmasin © breakingnews.co.id

Setelah terhenti sejenak di Provinsi Jambi, perjalanan api obor Asian Games 2018 kini kembali berlanjut. Setelah hari ini (03/08) api obor tersebut mendarat di Landasan Udara Sri Mulyono Herlambang, Palembang, esoknya (04/08) api obor Asian Games 2018 akan dikirab berkeliling Kota Palembang. Namun alih-alih diangkut lewat jalur darat, obor tersebut ternyata akan dibawa terlebih dahulu melewati jalur udara.

Obor Asian Games 2018 saat kirab di Provinsi Jambi © antarafoto.com

Obor Asian Games 2018 akan diterbangkan dari Lanud Sri Mulyono Herlambang menuju Stadion Jakabaring Sport City, untuk kemudian dibawa terjun payung oleh 51 pasukan Kopaskhas TNI AU beserta Pengprov anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Setelah api obor dibawa terjun payung dengan selamat, api obor kemudian akan dioper secara estafet berturut-turut oleh Gubernur Sumsel, Pangdam II/Sriwijaya kemudian Kapolda Sumsel. Barulah setelah itu, perjalanan kirab obor Asian Games 2018 di Palembang dimulai.

Diramaikan Semua Pihak

Suasana pawai 100 hari menuju Asian Games 2018 lalu. Sabtu (04/08) ini pun, setidaknya 1.200 peserta pawai akan kembali meramaikan jalan-jalan di Palembang © akurat.co

Kadis Pemuda dan Olahraga Sumsel, Yusuf Wibowo menyatakan bahwa pihaknya terus mematangkan persiapan kirab obor Asian Games 2018. Obor Asian Games 2018 akan dibawa dengan kendaraan roda empat, diiringi 1.200 peserta pawai guyub mulai dari pangkal Jembatan Ampera. Termasuk di dalam pawai guyub tersebut 21 orang pelari, artis dan pihak sponsor, atlet-atlet Sumsel berprestasi, berbagai komunitas serta lima orang penunggang kuda.

Pawai akan melalui jalan-jalan protokol yang ada di Palembang. Rute jalan yang dilewati pawai tersebut antara lain : Jembatan Ampera - Jalan Merdeka – Kambang Iwak – Jalan A. Rivai – Jalan POM XI – Jalan Angkatan 45 – Jalan Demang Lebar Daun – Jalan Basuki Rahmat – Jalan R. Soekamto – Jalan AKBP Cek Agus – Jalan Drg. M. Isa. Setibanya di Jalan Drg. M. Isa, obor Asian Games akan disambut oleh pelari estafet yang telah siap sedia membawa obor tersebut secara bergantian hingga ke Plaza BKB. Dari Plaza BKB, barulah obor akan diangkut dengan perahu, untuk kemudian diarak mengelilingi wisata air di sekitar Sungai Musi seperti Kampung Al-Munawwar dan Pulau Kemaro. Saat tiba kembali di Plaza BKB, obor akan disambut kembali dan diangkut menuju Rumah Dinas Walikota Palembang, untuk kemudian disemayamkan disana. Kirab obor tersebut diagendakan akan berlangsung sejak pukul 06.00 WIB pagi hingga 15.00 WIB.

Sehubungan dengan jalur kirab obor yang meliputi berbagai jalan protokol di Palembang, Yusuf mengimbau masyarakat Palembang yang hendak berpergian untuk menghindari melewati jalan-jalan yang termasuk ke dalam rute kirab tersebut. Adapun untuk masyarakat yang hendak menyeberang Sungai Musi, untuk sementara diarahkan untuk melewati Jembatan Musi II alih-alih Jembatan Ampera. “Untuk itu, kita himbau masyarakat yang ingin menyeberang baik dari ulu ke ilir maupun sebaliknya, agar menggunakan Jembatan Musi 2”, ujar yusuf, dikutip dari sripoku.com.

Yusuf juga menyatakan pihaknya telah berkorrdinasi dengan Dinas pendidikan Provinsi Sumsel dan Kota Palembang untuk mengarahkan pelajar-pelajar sekolah yang dilewati pawai untuk turut menyambut dan meramaikan kirab yang berlangsung. "Kita tunjukkan agar semua masyarakat dunia tau, kalau kita benar-benar memeriahkan Asian Games 2018 nanti, sebab kirab obor ini nantinya diliput oleh sekitar 50 media asing dari luar," pungkasnya.

Kirab obor di Palembang bukanlah bagian terakhir dari perjalanan panjang obor Asian Games 2018. Setelah disemayamkan di Rumah Dinas Walikota Palembang esok Sabtu (04/08) ini, obor akan kembali diarak menuju 7 kabupaten dan kota di Sumsel, berturut-turut mulai dari Banyuasin, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

(sumber : liputan6.com; sripoku.com )

Pilih Bangga Bangga 60%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 20%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 20%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu