Masuk ke Grup A, Timnas U-23 Indonesia Diuntungkan di Asian Games 2018

Masuk ke Grup A, Timnas U-23 Indonesia Diuntungkan di Asian Games 2018
Bagan hasil pengundian grup sepakbola putri Asian Games 2018 © youtube.co

Undian (drawing) Asian Games 2018 untuk cabang sepak bola telah dilakukan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Kamis (05/07) lalu. Sebanyak 24 tim sepakbola dari prediksi 32 tim yang akan berpartisipasi dalam Asian games 2018 dibagi ke dalam enam grup yang masing-masing diisi empat tim. Dari hasil undian tersebut, Indonesia yang diwakili Timnas U-23 dipastikan bersama-sama dengan Hongkong, Laos, dan Taiwan masuk ke Grup A.

Sekretaris Jendral PSSI Ratu Tisha Destria cukup senang dengan hasil undian itu. “Jika melihat hasil undian, tentu ini cukup bagus buat kita, terutama Timnas Putra," ujarnya. "Timnas kita sudah melakukan persiapan yang matang dan sudah beruji coba dengan lawan-lawan yang lebih tangguh seperti Bahrain, Uzbekistan, Korea Selatan, Korea Utara, Thailand, dan Jepang".

Ratu Tisha berharap hasil undian tersebut memudahkan langkah Indonesia untuk lolos. "Mudah-mudahan kita bisa melalui babak penyisihan grup”, pungkasnya.

Mekanisme Pertandingan

Juara dan runner-up setiap grup akan melaju ke fase pertama knockout atau sistem gugur yang dimulai dari babak 16 besar. Dalam sistem gugur, perpanjangan waktu dan adu penalti diberlakukan untuk menentukan pemenang. Namun, khusus untuk penentuan juara ketiga, tidak ada perpanjangan waktu, tapi langsung adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Belum ditetapkan kapan tanggal babak 16 besar dimulai, sementara babak perempat final direncanakan digelar mulai tanggal 26 Agustus 2018 di Jakarta, disusul semifinal pada 29 Agustus 2018 di Bogor serta babak final perebutan medali emas di Bogor pada 1 September 2018. Perebutan tempat ketiga (medali perunggu) dilaksanakan pada tanggal yang sama sebelum perebutan medali emas. Pelatih Luis Milla diberi target bisa membawa Timnas U-23 Indonesia sampai semifinal Asian Games 2018.

Pertandingan untuk sepak bola putra akan dilangsungkan di empat stadion, yakni Stadion Patriot Bekasi untuk grup A dan B, Stadion Pakansari Cibinong untuk grup C, dan Stadion Wibawa Mukti grup D. Sementara laga grup E dan F akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Untuk Semifinal dan partai Final akan dilangsungkan di Stadion Pakansari.

Adapun pertandingan sepak bola putri akan dilangsungkan di Palembang, Sumatera Selatan, dengan 11 tim sepakbola yang ikut serta.

(sumber : tempo.co; tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 21%
Pilih Sedih Sedih 7%
Pilih Senang Senang 29%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 14%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 21%
Pilih Terpukau Terpukau 7%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu