Kampung Cempaka Dalam, dari Pemukiman Kumuh Menjadi Instagrammable
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin ketika mengunjungi Kampung Cempaka Dalam © kaganga.com

Belum lama ini Pemkot Palembang telah menggelar lomba kampung hias Asian Games 2018. Sebagai pemenang, Kampung Cempaka Dalam Gang Masjid RT.18 Kelurahan 26 Ilir sukses menduduki juara pertama. Lomba fenomenal berhadiah sapi dan kambing ternak tersebut digelar Pemkot Palembang untuk turut menularkan ‘demam Asian Games’ kepada warga Palembang secara umum.

Kampung lain yang berhasil memperoleh penilaian tertinggi di belakang Kampung Cempaka Dalam antara lain Kampung Jalan Talang Gading di Keluraan Kalidoni (231 poin), Kampung Iklim di Sematang Borang (234 poin), Kampung Jalan Taman Sari di Kelurahan srijaya (243) dan Kampung Lorong Mari di Kelurahan Talang Bubuk (267). Sementara Kampung Cempaka Dalam sendiri memperoleh skor 287 poin dan menduduki peringkat pertama. Kelima kampung tersebut bersaing sportif dengan 67 kampung lainnya yang ikut serta dalam lomba menghias kampung Asian Games.

Puncaknya, pada malam Selasa 12 Juni 2018, kampung-kampung tersebut ini dikukuhkan menjadi juara Kampung Hias Asian Games 2018 di Palembang oleh Youth Care Asian Games (YCAG), sebuah komunitas pemuda peduli Asian Games Sumatera Selatan.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba menghias Kampung Asian Games pada 12 Juni lalu © krsumsel.com

Dari Pemukiman Kumuh Menjadi Instagrammable

Kampung Cempaka terletak di Jalan Batu Nilam, Gang Masjid RT 18 RW 5, Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang. Awal mula perubahan wajah kampung itu dimotori oleh Mahgodie Idris, 38 tahun. Niat awal dia ingin mengubah wajah Kampung Cempaka yang sepi menjadi  ramai setiap hari.

Sebelumnya, yang tampak adalah rumah-rumah di atas rawa, sampah yang berserakan di kanan-kiri jalan, gang yang sempit dan kusam. Dalam beberapa bulan, disulap menjadi  menjadi kampung warna-warni nan bersih dan menjadi buruan penyuka selfie. Kampung cantik pun muncul dalam berbagai media sosial, seperti instagram.

Kebetulan, menurutnya di tengah perkampungan itu ada rumah yang sudah rusak dan tidak terurus oleh pemiliknya. Mahgodie dan teman-temannya pada Januari lalu, berinisiatif untuk membangun lapangan terbuka dan lapangan bulutangkis di lahan rumah itu.

Rencana itu disambut baik oleh pemilik bangunan. Mereka pun mengajak perangkat pemerintahan RT, RW, Lurah 26 Ilir, Camat Bukit Kecil dan masyarakat untuk memberikan sumbangan dana secara swadaya.

Harapan ke Depannya

Ahad (08/07) lalu, tepat H-40 penyelenggaraan Asian Games 2018, Gubernur Sumsel  Alex Noerdin mengunjungi Kampung Cempaka Dalam. "Kampung Cempaka ini merupakan juara satu lomba kampung hias Asian Games 2018. Hadiahnya sudah dapat tiga sapi dan nantinya Pemprov Sumsel juga akan memberikan cat untuk semua lorong yang ada di sektira sini," ujarnya. Nantinya di sini bisa dijadikan tempat kunjungan para wisata baik lokal dan luar negeri. Saat ini sedang ada lomba Kampung Asian Games tingkat nasional dan Palembang siap menyemarakan dan menyuksesakan Asian Games 2018," tambah Alex.

 (sumber : krsumsel.com; tempo.co.id; tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu