Ini Dia Para Pemenang Kampung Hias Asian Games 2018

Ini Dia Para Pemenang Kampung Hias Asian Games 2018
Salah satu kampung yang mengikuti lomba kampung hias © instagram.com/youthcareasiangames

Demi menyemarakkan Asian Games 2018, Komunitas Youth Care Asian Games (YCAG) yang ada di Palembang telah menggelar lomba kampung hias dengan tema Asian Games 2018. Lomba ini telah berlangsung sejak tanggal 3 Mei-7 Juni lalu, dari 72 kampung yang mengikuti lomba, panitia memutuskan untuk memilih lima kampung terbaik yang akan menerima hadiah berupa enam ekor sapi.

Pada Selasa (12/6), acara pengumuman lomba kampung hias diselenggarakan bertempat di Griya Agung. Acara ini dihadiri oleh seluruh peserta lomba dan juga masyarakat Kota Palembang. Setelah pemberian sambutan dari walikota dan panitia YCAG, pemenang lomba pun diumumkan oleh jur dengan hasil juara pertama dimenangkan oleh Kampung Cempaka Dalam, Gang Masjid, RT 18 Kel.26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang dengan skor 287. Di urutan kedua adalah Lrg Mari RT.02. RW.01 Kel. Talang Bubuk, Kec. Plaju, Palembang yang mendapatkan skor 267. Pemenang ketiga adalah Jl. Taman Sari RT.02 RW.01 Kel. Srijaya Negara, Kec. Alang-alang Lebar, Palembang dengan skor 243. Juara Harapan I dan Harapan II adalah Lrg. Dimas Kampung Iklim Wilayah RT.03 RW.01 Kel. Srimulya,Kec.Sematang Borang,Palembang dan Jl. Talang Gading RT.06&07 RW.02 Kel. Kalidoni, Kec. Kalidoni, Palembang yang meraih skor tipis, yakni 234 dan 231.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang memberikan hadiah kepada para pemenang berpesan jika tujuan utama dari lomba tersebut bukanlah untuk mendapatkan hadiah sapi namun kebersamaannya lah yang menjadi tujuan utama. Tak hanya itu, Alex tak henti mengingatkan jika promosi yang dilakukan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII selain Jakarta sudah melakukan upaya yang maksimal. Kali ini pun kegiatan digawangi anak-anak muda dari komunitas Youth Care Asian Games (YCAG) yang bergerak sendiri untuk turut berpartisipasi mempromosikan Asian Games di Palembang dan bertekad menjadikannya viral di media sosial. “Sekarang anak-anak muda yang bergerak. Dan ini pun bukan sembarang anak muda, tapi anak muda yang berkompeten,” ujar gubernur dua periode ini.

Gubernur Sumsel memberikan hadiah kepada para pemenang © instagram.com/youthcareasiangames

Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon, pemenang pertama, merasa senang karena kampung yang berada di wilayahnya bisa memenangkan lomba tersebut. Dia mengatakan jika Kampung Cempaka menang karena telah memenuhi syarat yang ditetapkan panitia. Sebab, kampungnya dinilai kreatif dengan antusias masyarakat yang tinggi, terdapat penghijauan, bersih dan rapi. Tampak pula sebuah lapangan disulap menjadi lapangan bulu tangkis dengan gambar logo Asian Games yang cukup instagramable.

Ketua Pelaksana Lomba Kampung Hias Asian Games, Kerrick Herlianto mengatakan komunitas YCAG memang menjawab tantangan dari Bapak Presiden Joko Widodo yang pernah menyebut promosi Asian Games Agustus 2018 di Jakarta-Palembang tidak gencar. “Tujuan dengan adanya lomba ini maka sosialisasi kepada masyarakat akan lebih mudah dan partisipasi masyarakat akan lebih terlihat serta masyarakat akan antusias dalam menata dan membangun kampungnya sendiri,” kata dia.

“Kami juga akan melanjutkan kegiatan ini dengan berusaha memviralkan foto-foto kampung hias Asian Games di media sosial agar dikenal nasional dan internasional,”ujarnya menambahkan.

Youth Care Asian Games (YCAG) adalah komunitas yang terdiri dari kumpulan pemuda di Palembang yang peduli dengan Asian Games XVIII dengan tujuan menyukseskan, mempromosikan serta mensosialisasikan Asian Games kepada seluruh masyarakat untuk menunjukkan rasa cinta dan bangga karena terpilihnya Kota Palembang sebagai tuan rumah dalam event besar dan bergengsi ini.

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 50%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu