Jembatan Musi IV Akan Segera Rampung, Ini Progresnya

Jembatan Musi IV Akan Segera Rampung, Ini Progresnya
Jembatan Musi IV yang hampir rampung © Deskgram

Jembatan Musi IV merupakan infrastruktur baru yang sedang dikerjakan guna menyambut Asian Games 2018. Desain Musi IV mengadopsi kekayaan budaya Palembang, yakni adanya ornamen singkar suku Paksangko yang merupakan perhiasan khas kepala di Kerjaan Sriwijaya. Ornamen ini dipasang pada kedua tiang jembatan. Jembatan sepanjang 1,3 km ini nantinya akan menghubungkan kawasan Kuto dan Jakabaring. Saat ini proyek tersebut sudah memasuki progres 81,78% yang mana sekarang pembangunan sedang berfokus pada di bentang tengah jembatan.

Diprediksi akan rampung pada 43 hari ke depan, dari total 18 segmen, sebanyak 9 segmen telah diselesaikan. Saat ini pembangunan sedang berada pada segmen ke 10, meskipun pengerjaannya agak sedikit terlambat pembangunan Jembatan Musi IV akan terus dikebut sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai. Salah satunya dalam hal pengecoran, dalam satu kali pengecoran jembatan langsung dilakukan pula pengecoran di empat lokasi berbeda. Sehingga dengan begitu, pengerjaan jembatan Musi IV bisa selesai tepat waktu.

"Sampai sekarang belum ada pergeseran waktu selesai, masih seperti kemarin dijadwalkan sudah tersambung ke kawasan Ulu pada Juli nanti," kata PPK Jembatan Metropolis Kota Palembang, Suwarno.

Setelah jembatan Musi IV tersambung antara kawasan seberang ilir dan ulu, tahapan selanjutnya yakni memasuki finishing dengan melakukan pengaspalan, memasang marka jalan, serta lampu. Dan setelah selesai, jembatan sudah bisa digunakan 10 hari setelah rampung.

"Masalah girder memang jadi hambatan, tapi itu sudah bisa diatasi. Sekarang, dari total 14 pilar Jembatan, kita sedang mengejar  tiga bentang di pilar ke 10-11 dan 11-12. Pengecorannya berbarengan, kita optimis jembatan Musi IV selesai tepat waktu,” ujar Suwarno.


Sumber: Kompas.com | Bisnis.com | Suara.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 50%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 25%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 25%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu