Kunjungan Mahasiswa Unsri Ke Radio Berjasa Pertama Di Indonesia

Kunjungan Mahasiswa Unsri Ke Radio Berjasa Pertama Di Indonesia
Kunjungan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsri ke Radio Republik Indonesia cabang Palembang © Julita Putri Sanda

Tahun 1945 merupakan tahun yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun tersebut pengakuan negara-negara luar terhadap kemerdekaan Indonesia lahir. Dalam perjuangannya memerdekakan Indonesia, ada satu media yang memiliki andil besar dalam penyebarluasan informasi ini. Radio Republik Indonesia atau RRI lah media yang sangat berjasa pada masa itu. Fakta ini membuat banyak pengunjung masih memilih untuk datang berkunjung ke kantor RRI.

Jumat, 27 April 2018 lalu beberapa mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya mengunjungi kantor RRI cabang Palembang dalam rangka kunjungan ke salah satu media. Kunjungan ini dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Kunjungan yang disambut langsung oleh kepala cabang RRI, kepala bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Produk, serta beberapa rekan lainnya ini merupakan yang pertama kalinya bagi mahasiswa Hubungan Masyarakat jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2016 tersebut. (27/4)

Dalam diskusi yang dilakukan sebelum berkeliling ke ruang-ruang stasiun di RRI, kepala cabang RRI Palembang mengungkapkan bahwa mereka sangat menerima secara penuh kunjungan seperti ini, dengan syarat harus mengajukan proposal sebelumnya. Di pertengahan diskusi juga dijelaskan bahwa informasi tentang kemerdekaan Indonesia pertama kali disebarluaskan oleh RRI. Hal ini tentunya turut membuat para pegawai merasa bangga bisa bekerja dan menjadi bagian dari RRI.

Kunjungan ini juga disambut dengan antusias oleh para mahasiswa yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Setelah diskusi, para mahasiswapun diajak untuk berkeliling ke semua ruang studio. “kita ada 4 studio, studio 1 itu untuk berita-berita umum, studio 2 lebih fleksibel dan yang mengelolanya juga kaum-kaum muda, studio 3 untuk pemberitaan nasional, dan studio terakhir digunakan untuk penyiaran ensiklopedia, budaya, dan lainnya” jelas salah satu kepala bagian stasiun.

Setelah diajak berkeliling stasiun, para mahasiswa juga mengajak untuk foto bersama yang dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kunjungan. Pihak RRI berharap, rekan-rekan mahasiswa dapat lebih sering berkunjung ke RRI. Mereka juga menjelaskan jika rekan-rekan mahasiswa mempunyai acara dan membutuhkan penyiaran informasi, RRI siap untuk menyiarkan dengan melewati prosedur yang telah ditentukan.


Sumber: Hasil Liputan Pribadi

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu