Menatap Kilas Balik Palembang 2016-2017 dari Bingkai Pameran Foto

Menatap Kilas Balik Palembang 2016-2017 dari Bingkai Pameran Foto
Ilustrasi pameran foto © sindonews.com

Di era modern, foto adalah media komunikasi yang paling efektif dan efisien. Semua orang yang memiliki telepon pintar tentu menghabiskan banyak waktunya seharian untuk berselancar di internet, membaca dan mengolah informasi yang hampir kesemuanya disertai foto. PFI (Pewarta Foto Indonesia) Kota Palembang berinisiatif untuk mengaktualisasikan kebiasaan manusia satu ini ke dalam sebuah kegiatan yang bermanfaat. Bertempat di OPI Mall Palembang, PFI menggelar sebuah pameran foto bertajuk “Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik, Energy of Indonesia for Asian Games

Pameran foto yang digelar sejak Jumat (20/04) lalu hingga Selasa (24/04) mendatang tersebut menampilkan tak kurang dari 270 foto jurnalistik. Foto-foto karya wartawan foto Palembang tersebut hadir dalam bentuk single photo dan photo story yang mengisi berbagai standing board di atrium lantai satu OPI Mall.

Abriansyah Liberto, Ketua Umum PFI Palembang turut menyampaikan kata sambutannya dalam mengawali pameran tersebut Jumat (20/04) lalu. “Foto-foto yang kami tampilkan merupakan hasil ajang kontes foto dari fotografer anggota PFI Kota Palembang, baik di level regional maupun nasional”, demikian ujarnya, sebagaimana dilansir dari palpres.com. Wartawan foto harian pagi Tribun tersebut menyatakan bahwa pameran yang digelar turut mengusung semangat pembangunan. “Terutama sarana olahraga di Kota Palembang menjelang Asian Games tahun ini yang akan digelar pada Agustus mendatang”, tandasnya.

Aberiansyah Liberto, Ketua Umum PFI Palembang © tribunnews.com

Kolase foto yang menghiasi atrium OPI Mall menunjukkan warna –warni Kota Palembang dalam dua tahun terakhir. Meski sebagian standing board didominasi foto seputar ajang olahraga dan penampakkan pembangunan infrastruktur Kota Palembang, sebagian foto lainnya juga menceritakan sudut-sudut unik Kota Palembang yang jarang ditemui dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah kumpulan foto  berjudul “NYAWA DI SELANG KOMPRESOR” karya M. Hatta yang mengisahkan tentang kelompok pencari harta karun di dasar Sungai Musi. Foto lain yang juga paling menarik perhatian adalah sebuah photo story bertajuk “TRADISI MELANGUN” yang menggambarkan sekelompok masyarakat Suku Anak Dalam yang berjalan kaki mengitari Jambi hingga Sumsel dalam rangka membuang sial.

Selain pameran, PFI Palembang juga turut menggelar diskusi foto jurnalistik tiga hari berturut-turut sejak tanggal 21 hingga 23 April. PFI juga mengadakan kontes foto on the spot bagi para pengunjung pameran tersebut.

(Sumber : palpres.com; tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu