Kejutan! Gerbong LRT Tiba Lebih Awal di Palembang!

Kejutan! Gerbong LRT Tiba Lebih Awal di Palembang!
Pengerjaan Rel LRT yang akan mulai beroperasi menjelang Asian Games mendatang © sumateradeadline.co.id

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Setelah melalui perjalanan darat dan laut selama hampir lima hari, rangkaian pertama kereta piringan atau light rail transit (LRT) akhirnya tiba di Kota Palembang pada Rabu (11/04). Kereta listrik ringan ini tiba lebih cepat dari jadwal kedatangan seharusnya setelah dikirim dari PT. INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur.

“Kita bersyukur enam gerbong tiba lebih awal dari jadwal semula di Palembang. Selanjutnya gerbong ini akan langsung diturunkan untuk dirangkai," kata Sekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar ketika meninjau kedatangan LRT di Pelabuhan Boom Baru, dilansir dari finance.detik.com.

Keenam gerbong kereta piringan (LRT) yang baru tiba merupakan bagian dari dua trainset. Rangkaian gerbong tersebut tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang sekitar pukul 10.00 WIB, pada Hari Rabu (11/04). Gerbong-gerbong tersebut kemudian dipindahkan dari kapal dalam kondisi tertutup.

Setidaknya masih ada 18 gerbong yang akan dikirim oleh PT INKA (Persero) secara bertahap hingga akhir Bulan Juni mendatang. Seluruh rangkaian dengan jumlah total 8 trainset dan terdiri dari 24 gerbong direncanakan akan mulai resmi beroperasi sebelum Asian Games.

Kereta yang tergolong teknologi baru di Indonesia ini menggunakan motor listrik sebagai mesin penggerak. Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car. LRT juga dilengkapi third-rail sebagai sumber daya listrik, serta menggunakan material car body berupa aluminium double skin atrau ekstrusi. Tak hanya itu, pada bagian dalam juga terdapat pendingin ruangan (air conditioner/AC), sedangkan bagian kaca jendela berjenis safety glass yang dilapisi anti-UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari secara langsung. Dalam keadaan penuh, kereta mampu membawa penumpang berjumlah total 379 orang, baik penumpang duduk maupun penumpang berdiri.


Sembari menanti kedatangan 8 trainset yang lain, enam gerbong yang telah tiba tersebut akan langsung dirangkai dan diuji coba di lintasan LRT.

(Sumber : cnnindonesia.com; financedetik.com)

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 50%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu