Tak Hanya di Berlin, Hasil Karya Wong Palembang Sudah Pernah Unjuk Gigi di Frankfurt!
Ambiente Messe Frankfurt 2018 © ntradeshows.com

Pariwisata Sumatera Selatan yang kini kian heboh dipamerkan di ITB Berlin merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Dan luar biasanya lagi, ternyata tak hanya di Berlin Sumatera Selatan unjuk gigi pada dunia internasional. Baru-baru ini pula, pada tanggal 9-13 Februari 2018, hasil karya dari Sumatera Selatan dipamerkan pada belahan kota Jerman yang lain, tepatnya pada Ambiente Talents 2018. Ambiente Talents merupakan program pameran Ambiente Messe Frankfurt 2018 untuk mengapresiasi karya desainer muda. Dari Indonesia sendiri, Freddy Chrisswantra yang berasal dari Bandung terpilih untuk memamerkan peralatan dapur hasil karyanya.

Berkolaborasi dengan Angga Wibowo Gultom salah satu pengusaha dari Hang Ugan di Baturaja, Freddy memamerkan peralatan dapur khas Palembang yang telah ia dan Kementerian Perdagangan kembangkan yaitu ba'ke (desain wadah serbaguna untuk bumbu serbuk), huntung (wadah serbaguna dari bahan ogan untuk tempat bawang dan bumbu), dan lepe' (tatakan piring dan gelas).

"Produk yang dikembangkan Freddy merupakan hasil pengembangan desain di bawah program Designers Dispatch Service (DDS) di daerah Palembang, dan melibatkan pelaku usaha setempat," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Arlinda, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (28/2/2018).

https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 298 1866152 desainer-muda-indonesia-unjuk-gigi-dengan-peralatan-dapur-khas-palembang-di-pameran-jerman-CEGXZXY78O.jpg
Peralatan Dapur Sumatera Selatan yang dipamerkan dalam Pameran di Frakfurt © Instagram: chrisswantra

Freddy menggunakan tumbuhan paku-pakuan yaitu resam (Dicranopteris linearis) yang dikeringkan untuk membuat lepe'. Resam merupakan salah satu dari golongan gulma bagi perkebunan sawit yang sangat banyak di Sumatera Selatan.

Seperti yang dikutip dalam Website Jaringan Pemberitaan PemerintahAmbiente Messe Frankfurt merupakan pameran internasional yang paling bergengsi dalam mengangkat kebaruan desain produk di area home decoration, peralatan dapur, produk-produk gaya hidup, cendera mata, perhiasan, aksesori fesyen, dan perabot rumah tangga.

Pertama kali diselenggarakan tahun 2001, Ambiente Messe Frankfurt selalu mendukung para desainer muda dari seluruh dunia untuk sukses dalam bidang design. Freddy yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia yang lolos tahap seleksi bersama 11 desainer dari seluruh dunia untuk kategori "lofts". 

Semoga kedepannya semakin banyak karya dari Sumatera Selatan yang dipamerkan di pameran internasional ya! Supaya semakin banyak orang-orang dari mancanegara yang mengetahui keberagaman karya yang ada di Sumatera Selatan. Semangat terus Sumsel...


Sumber: Jaringan Pemberitaan Pemerintah | Okezone.com

Pilih Bangga Bangga 33%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 33%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 33%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu