Wajah Baru Sungai Sekanak Jelang ASIAN Games

Wajah Baru Sungai Sekanak Jelang ASIAN Games
Walikota Palembang Harnojoyo, meresmikian Sekanak Bersolek © beritalima.com

Palembang sudah sejak dulu dikenal sebagai Kota Sungai. Julukan ‘Venesia dari Timur’ sangat relevan jika berkaca pada aktivitas masyarakata Palembang di masa lampau yang begitu bergantung pada sungai. Meski demikian, fungsi sungai di palembang telah berubah dari waktu ke waktu. Pemkot Palembang dalam menanggulangi hal tersebut menyatakan komitmennya untuk merevitalisasi dan mengembalikan fungsi sungai dan anak sungai di palembang menjadi seperti sedia kala.

Ahad (05/02) lalu, Walikota Palembang, Harnojoyo, membuktikan bahwa komitmen tersebut bukan isapan jempol belaka. Setelah ditata sedemikian rupa, wilayah tepian Sungai Sekanak diresmikan pemerintah setempat sebagai destinasi wisata baru di Kota Palembang untuk menyambut ajang akbar Asian Games XVIII tahun 2018.

“Pemkot telah melakukan revitalisasi di tepian Sungai Sekanak ini, dibantu oleh perusahaan cat Dulux. Ini belum tuntas, karena pada 2018 sudah dianggarkan Rp7,5 miliar agar lebih bagus lagi,” kata Harnojoyo. Peresmian yang dilakukan Pemkot Palembang pun sebenarnya masih tahap awal revitalisasi Sungai Sekanak. Proyek revitalisasi direncanakan akan terus berlangsung.

Kepala dinas Pariwisata kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan, proses revitalisasi yang bertajuk “Sekanak Bersolek” tersebut tidak memakan waktu lama, yakni kurang lebih satu bulan dengan melibatkan pekerja dari Dinas PU PR bekerja sama dengan komunitas mural. “Setidaknya sebanyak 1.500 liter cat yang dihabiskan untuk mengecat area seluas 2.500 meter persegi,” kata dia. Hasilnya, kini wilayah tepian Sungai Sekanak menjadi lebih cerah berwarna.

Pemandangan di tepian Sungai Sekanak. sumber foto : tribunnews.com

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kota Palembang Bastari menjelaskan, revitalisasi Sungai Sekanak masuk dalam daftar empat sungai yang akan direvitalisasi pada tahun ini. Sungai lain yang akan menyusul untuk direvitalisasi antara lain Sungai bendung, Sungai Buah da Sungai Lambidaro.

Kota Palembang berfokus meningkatkan sektor pariwisata untuk menangkap momentum Asian Games pada Agustus mendatang. Sebanyak 13 destinasi wisata disiapkan untuk menyambut kedatangan sekitar 15.000 orang tamu negara terdiri atas atlet dan ofisial.

(Sumber : palembang.tribunnews.com; antarafoto.com; sumsel.berita24.com; sumsel.sahabatrakyat.com)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu