Intip Daerah Penghasil Kopi Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia, 3 Diantaranya Dari Sumatera Selatan!

Intip Daerah Penghasil Kopi Indonesia yang Menjadi Favorit Dunia, 3 Diantaranya Dari Sumatera Selatan!
world class coffee © Unsplash/MichałGrosicki

Kualitas kopi Indonesia tak kalah saing dengan kopi dari berbagai belahan dunia. Bahkan sudah bukan rahasia lagi jika kopi Indonesia sangat digemari oleh sebagian besar penikmat kopi baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan angka ekspor kopi Indonesia diperkirakan akan terus meningkat di tahun 2018 ini.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Abdul Rochim mengatakan bahwa jenis kopi robusta dan arabika yang sangat diminati bahkan hingga diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Italia dan Malaysia ini berasal dari beberapa daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.  Daerah-daerah tersebut antara lain;

1. Lampung
Sejak dulu Lampung memang sudah dikenal dengan kopi terbaiknya yang sebagian besar berasal dari daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat dan juga daerah Danau Ranau yang memproduksi kopi luwak dengan kualitas terbaik di Indonesia.
2. Lahat
Posisi kedua ditempati oleh Lahat yang ada di Sumatera Selatan yang mana kopi luaknya dikenal sebagai kopi luak terbaik di daerah Sumatera. Jika anda mengunjungi daerah ini, anda akan melihat hamparan perkebunan kopi yang menyelimuti hampir seluruh area Lahat.
3. Pagar Alam
Sebagai bagian dari Sumatera Selatan, Pagar Alam nampaknya tidak ingin ketinggalan. Bukan hanya teh, Pagar Alam rupanya juga merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Pusat kopi terkenalnya berada di kaki Gunung Dempo. Di lereng gunung ini pun, anda juga dapat menikmati pemandangan perkebunan kopi yang begitu luas. Aroma khas dari kopi akan melengkapi waktu relaksasi anda seraya melihat-lihat kumpulan luak yang biasanya berkeliaran di area penangkaran
4. Empat Lawang
Masih di Sumatera Selatan nih kawan, yakni Empat Lawang! Kopi menjadi komoditi utama penggerak perekonomian warga Empat Lawang. Bahkan, pemerintahan daerahnya menjadikan kopi sebagai lampang kabupaten yang berbentuk sebagai latar belakang. Di sini, Anda tak hanya akan menemukan kopi luwak, arabika ataupun robusta. Jenis kopi hasil percampuran dari kopi arabika dan robusta pun dapat anda jumpai di sini. 
5. Mandailing Natal
Mandailing Natal. Sudah tau atau pernah dengar? Kopi arabika pertama kali ditanam di daerah ini. Daerah ini memiliki banyak sekali kebun kopi yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun. 
6. Sidikalang
Ibukota Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini berada di ketinggian 1.066 mdpl dan membuatnya menjadi tempat yang sangat cocok untuk ditumbuhi kopi dengan kualitas terbaik. Meski kopi luak masih menyandang status kopi termahal, kopi arabika dan kopi robusta dari daerah ini ternyata dapat menyaingi kopi terbaik di dunia, yakni Brazil.
7. Takengon
Daerah tempat penyemaian pertama kopi di Pulau Sumatera. Hampir semua jenis kopi daerah ini memiliki kualitas terbaik. Hal ini dikarenakan Takengon merupakan daerah yang terdiri atas rangkaian bukit, tanah subur dan curah hujan yang sangat baik. 
Dengan kualitas kopi yang sangat baik, sangat wajar kopi Indonesia berhasil menembus pasar dunia dengan harga yang sangat fantastis, bahkan harga kopi dapat mencapai jutaan per-kilonya. 
Luar biasa ya!


Sumber: Detiknews | Kompas

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 10%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 10%
Pilih Terpukau Terpukau 30%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu