Gerhana Bulan Langka Hari Ini Dapat disaksikan di Palembang Lho!

Gerhana Bulan Langka Hari Ini Dapat disaksikan di Palembang Lho!
Gerhana Bulan © epic.co.id

Gerhana bulan dapat terjadi ketika bulan sepenuhnya berada dalam bayang-bayang bumi. Tak hanya gerhana bulan total yang dapat disaksikan malam ini, tetapi juga bulan purnama, bulan biru dan supermoon. Fenomena ini merupakan fenomena langka karna hanya akan terulang setiap 100 tahun sekali untuk di Amerika, sementara untuk wilayah Indonesia setiap 36 tahun (30 hingga 31 Desember 1982).

"Kita akan dapat menyaksikan supermoon yang sangat masif yang besarnya 14 persen dari bulan yang biasa kita saksikan dan juga memiliki terang cahaya 30 persen lebih terang dari biasanya. Supermoon ini terjadi karena posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi, dikarenakan oleh posisi orbitnya yang oval, bukan berbentuk lingkaran," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi, Nurangesti Widyastuti  seperti dilansir oleh Liputan6.com

Hasil gambar untuk supermoon
sportourism.id

Soal bulan biru, terdapat dua definisi. Definisi yang pertama adalah ketika ada bulan purnama kedua dalam satu bulan. Karena ada 29,5 hari di antara dua bulan purnama, biasanya kita hanya meiliki satu purnama per bulannya.

Tetapi satu bulan biasanya berlangsung lebih lama dari 29,5 hari, sehingga kadang terjadi dua gerhana dalam satu bulan. Kita sudah mengalami satu purnama pada tanggal 1 Januari dan yang kedua akan terjadi pada 31 Januari, yang akan menjadikannya bulan biru.

Dengan definisi ini, maka bulan biru berikutnya terjadi pada Maret, sementara Februari tidak akan terdapat bulan purnama.

Sedangkan definisi bulan biru yang kedua adalah bulan ketiga dalam satu musim di mana terdapat empat bulan, yang terjadi tiap 2,7 tahun. Kita hanya akan punya tiga pada musim dingin ini, jadi bulan purnama 31 Januari bukanlah bulan biru menurut definisi ini. Para penikmat bintang harus menunggu sampai 18 Mei 2019 untuk definisi bulan biru asli yang lebih tua ini.

Hasil gambar untuk blue moon
cnet.com

Hampir keseluruhan wilayah Indonesia dapat menikmati fenomena ini. Tetapi secara ideal dapat dilihat dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada Pukul 20:29,8 WIB, pukul 21:29,8 WITA, dan pukul 22:29,8 WIT.

Sumber: conversation.com | liputan6.com | tribunnews palembang

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 100%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu