Bukan Berada di Museum Balaputradewa, Ternyata Ini Rumah Limas Tertua

Bukan Berada di Museum Balaputradewa, Ternyata Ini Rumah Limas Tertua
Rumah Limas Bari Palembang © hellopalembang.com

Kota Palembang adalah salah satu kota yang mempunyai segudang tempat wisata. Wisata kulinernya pempek, wisata alamnya Punti Kayu, dan ternyata ada satu wisata sejarah yang mungkin belum banyak di ketahui masyarakat umum, wisata budaya rumah Limas Bari. Mungkin yang selama ini orang tahu rumah Limas Palembang hanya ada di Museum Balaputradewa. Tapi tahukah anda, rumah limas yang pertama kali dibuat ternyata berada di Ilir Timur I kota Palembang. Rumah limas ini kerap disapa dengan rumah Limas H. Bayumi atau rumah Bari. Rumah limas Bari ini pertama kali di buat di Tadjung Sedrajo Indralaya, setelah itu Rumah Bari ini di pindahkan ke jalan Mayor Ruslan kota Palembang dengan menggunakan kapal pesiar.

Dari sisi luar, rumah Limas Bari terlihat memanjang yang melambangkan status sosial sang pemilik rumah. Pemilik rumah Limas Bari ini biasanya merupakan seorang keturunan sultan. Dindingnya terbuat dari kayu yang tersusun rapi, dan bahan bangunan dari rumah Bari ini adalah kayu Merbau yang tahan terhadap air. Dibagian terluar terdapat pagar pembatas dari kayu, yang memfilosofikan sebagai penahan ketika anak perempuan hendak keluar rumah. Ada yang unik ketika kita hendak memasuki bagian dalam rumah ini, yaitu pintu masuk rumah Limas. Pintu rumah limas mempunyai corak yang khas, didukung dengan warna coklat keemasan, hal itu menambah kecantikan pintu rumah Limas ini. Di bagian dalam rumah Limas tampak sebuah ruangan lebar dan besar, ruangan itu disebut kejijing, ruangan yang digunakan untuk tempat berkumpul keluarga. Bagian tembok rumah ini dihiasi dengan ukiran bermotif flora. Disisi lain, rumah Limas juga terkenal dengan tingkatan-tingkatan yang ada di dalam rumah, tingkatan tersebut melambangkan perbedaan kasta-kasta di setiap anggota keluarga.

Rumah Limas Bari yang didirikan oleh keluarga H.Bayumi ini sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata karena mengandung banyak makna filosofis yang terdapat di setiap bangunan rumahnya. Selain itu, perpaduan seni dan budaya juga dapat memikat hati anda yang sering melakukan pengambilan foto. Menarik bukan? ternyata ada berbagai macam tempat indah dan berbudaya yang hanya ada di kota kita, kota Palembang. (*1)



Sumber :

palembang-tourism.com

hellopalembang.com

alampedia.blogspot.co.id

www.ampera.co

 

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 100%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu