Harapan di Balik Logo Asian Games 2018

Harapan di Balik Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018 © merahputih

        Logo dan maskot adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari setiap ajang olahraga. Tak hanya menjadi identitas sebuah ajang olahraga, logo dan maskot juga dapat menggambarkan harapan peserta maupun pihak penyelenggara atas diadakannya ajang olahraga tersebut. Sama halnya dengan ajang olahraga yang sebentar lagi akan digelar di Indonesia, Asian Games 2018.

        Setelah diresmikan pada 28 Juli 2016 lalu, logo dan maskot Asian Games 2018 siap melengkapi kemeriahan Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Sebuah logo berbentuk sketsa tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) serta matahari di bagian tengahnya tampil menjadi identitas ajang olahraga empat tahunan negara-negara di kawasan Asia  ini. Logo ini secara resmi menggantikan logo lama yang sebelumnya didesain berupa untaian bulu burung cendrawasih.

        Sketsa tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam logo tersebut mengingatkan kembali pada sejarah saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke IV tahun 1962. Sementara itu, matahari dalam logo tersebut sebagai lambang sumber energi paling utama yang kemudian menyebar melalui delapan jalur keseluruh Asia sekaligus dunia dengan adanya Asian Games. Dengan kata lain, logo ini menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia. Melalui logo ini terselip pula harapan agar Indonesia bisa menunjukkan jati dirinya lewat penyelenggaraan dan prestasi yang sukses.

Sumber : asiangames2018.idolahraga.kompasmetrotvnews

Pilih Bangga Bangga 25%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 13%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 38%
Pilih Terpukau Terpukau 25%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu