Desa Tertib Listrik Ada di Sumatera Selatan Lho!

Desa Tertib Listrik Ada di Sumatera Selatan Lho!
Ilustrasi Listrik © ideaonline

Desa Tertib Listrik kawasan 3T merupakan salah satu program PLN guna mewujudkan desa yang berperan aktif guna menertibkan pemakaian listrik. 3T yang dimaksud yaitu yang pertama, Tertib mengelola pemakaian energi listrik, kedua Tertib standarisasi mutu listrik dan ketiga Tertib pemeliharaan jaringan listrik. Tapi siapa sangka ternyata status Desa Tertib Listrik ini disandang oleh salah satu desa yang ada di Sumatera Selatan.

Ditetapkan pada awal Desember 2017, Desa Tempirai yang terletak di Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pun menjadi pelopor Desa Tertib Listrik. Nyatanya, warga desa yang 50% berprofesi sebagai petani karet ini sangat tertib menggunakan listrik prabayar. 

Tak hanya itu, PLN turut memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Tempirai, dalam program CSRnya yang berupa keramba dan bibit ikan serta Sarana Loket PPOB untuk 5 Desa. 

Bersamaan dengan ditetapkannya Desa Tempirai sebagai Desa Tertib Listrik, Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) juga telah diresmikan di Simpang Lima Kabupaten PALI. SPLU ini sudah dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan pedagang kaki lima yang berjualan disekitar lokasi.

Diharapkan Desa Tempirai dapat terus menjadi contoh bagi desa-desa di Sumatera Selatan dalam penggunaan listrik, apalagi tertib menggunakan listrik merupakan salah satu aktivitas yang dapat mengurangi global warming.

Sumber: sumeks.co.id | detiksumsel | tribunnews | palembangbaru.com

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 50%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu