Telur unik ini hanya ada ketika HUT RI di Palembang

Telur unik ini hanya ada ketika HUT RI di Palembang
Telur Unik nan cantik dari Palembang

Perayaan ulang tahun Republik Indonesia di setiap daerahnya mempunyai khas masing-masing. Tak luput pula di kota pempek, Palembang. Ada aksesoris serta makanan unik yang hanya dibuat untuk menyambut Hut RI di kota Palembang, Telok abang dan telok ukan namanya.

Telok Abang

Telok abang berasal dari kata telok yang artinya telur dan abang yang artinya merah. Telok abang sendiri merupakan tradisi unik dari tahun ketahun yang ada di kota Palembang. Awalnya tradisi ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ratu Belanda pada saat masa penjajahannya. Tetapi, dengan seiring waktu masyarakat kota Palembang tetap melangsungkan tradisi unik ini. Telok abang sebelumnya dibuat dari telur bebek, tetapi dilihat semakin banyak telur ayam, telurnya pun di ganti. Cara pembuatan telur ini pun mudah, pilih telur yang berkualitas baik, siapkan cairan pewarna yang telah dicampur air dan rendam dalam semalam.

Telok Ukan

Tidak hanya telok abang yang menjadi kuliner unik ketika Hut RI. Ada telok ukan yang tak kalah unik dan lezat. Telok Ukan yang berarti “bukan telur” ini merupakan salah satu makanan yang hampir punah di Palembang. Sesuai dengan arti namanya, telur ukan ini bukanlah telur pada umumnya. Jika telur pada umumnya mempunyai putih dan kuning telur sebagai isinya, maka telok ukan ini memadukan santan dan 4 bumbu lainnya yaitu serai, gula merah, asam jawa, dan garam sebagai isi. Untuk memasukkan semua bumbunya, cangkang telur dibolongi, dikeluarkan isinya lalu di isi lagi dengan bumbu tadi. Setelah diisi, telok ukan direbus selama lima jam sampai cangkang mengelupas. Telok Ukan siap disantap



Terlihat lezat dan unik bukan. Untuk kamu yang mau mencicipi telur-telur lezat ini silahkan datang ke kota Palembang ya.

sumber :

www.viva.co.id/

republika.co.id/

ourtraveling.id/

www.palembang-tourism.com/

news.okezone.com/

Pilih Bangga Bangga 75%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 25%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu