Slot 2018 direbut Buriram, Apa Kabar Sirkuit Jakabaring?

Slot 2018 direbut Buriram, Apa Kabar Sirkuit Jakabaring?
Rancangan Sirkuit Jakabaring ©skyscraper

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpelata telah meresmikan sirkuit Buriram, Thailand akan menggelar MotoGP di tahun 2018 ini. Bahkan sirkuit Buriram telah masuk dalam kalender resmi MotoGP 2018 dan para pembalap sudah bisa melakukan pre-season test pada awal februari mendatang. Thailand dikabarkan akan menggelar MotoGP di negaranya hingga 2020. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sempat dibuat kecewa karena gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP yang sejak beberapa tahun lalu hangat diperbincangkan rupanya harus kembali dirasakan oleh para penggemar  Indonesia  yang sangat menantikan ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut untuk bisa digelar di tanah air.

Sebagai salah satu penggemar yang sudah mengikuti rangkaian seri demi seri balapan sejak Valentino Rossi masih menunggangi motor Honda hingga kini ia telah memegang sembilan gelar juara dunia di ajang Grand Prix tersebut, saya pun turut merasa kecewa. Namun, kekecewaan saya tidak berujung lama karena meski slot 2018 telah diambil alih oleh Thailand yang sebelumnya sempat akan direbut Finlandia, Indonesia tentu masih memiliki harapan dengan dibangunnya Sirkuit Jakabaring di Palembang.

©metrotvnews

Meski terbilang berjalan cukup lambat, namun menurut saya keputusan pemerintah sudah sangat tepat dengan tidak terburu-buru memaksakan Sirkuit Sentul yang sebelumnya memang pernah menjadi tuan rumah ajang balap Grand Prix di tahun 1996-1997 tersebut untuk kembali menggelar MotoGP. Bukan hanya Marc Marquez yang pernah mengatakan bahwa sirkuit sentul masih cukup berbahaya untuk membiarkan para pembalap mengaspal disana,  CEO Dorna juga menyatakan bahwa sirkuit tersebut tidak lolos standar homologasi FIM yang merupakan Federasi Balap Internasional. Tidak adanya renovasi  yang dilakukan terhadap sirkuit sentul membuat Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin memutuskan untuk mengambil alih dengan mengajukan proposal terkait pembangunan Sirkuit Jakabaring untuk gelaran MotoGP yang langsung disetujui oleh pihak Dorna.

Pertemuan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dengan Konsultan Perancang Sirkuit Jakabaring, Hermann Tilke ©indosport

Para penggemar memang terus menunggu dan tidak sedikit pula yang kecewa karena batalnya Indonesia menjadi tuan rumah di tahun ini. Namun yang harus kita ketahui, membangun sebuah sirkuit bukanlah suatu hal yang mudah dan tentu memerlukan dana yang sangat besar. Inilah mengapa pembangunan Sirkuit Jakabaring juga memakan waktu yang cukup lama, karena selain dana, strategi yang tepat juga sangat diperlukan. Namun kita tidak perlu khawatir, keseriusan pemerintah provinsi Sumatera Selatan serta dukungan yang kuat dari pihak Dorna semakin memperkuat harapan akan terlaksananya MotoGP di Indonesia. Bahkan perancang Sirkuit Jakabaring Hermann Tilke mengatakan bahwa digelarnya MotoGP Indonesia di tahun 2019 bukan hal yang mustahil. Hanya saja, dikarenakan harus bersaing dengan Finlandia maka tidak menutup kemungkinan jika Indonesia harus mundur hingga 2020. Melihat keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang saat ini sedang fokus mempersiapkan Asian Games 2018 yang akan segera digelar membuat saya semakin optimis selepas Asian Games 2018 pemerintah juga akan serius mempersiapkan kemungkinan untuk menggelar MotoGP di Palembang.


Sumber: indosport ; motogp 

Pilih Bangga Bangga 53%
Pilih Sedih Sedih 5%
Pilih Senang Senang 5%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 5%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 5%
Pilih Terpukau Terpukau 26%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu