Asian Games 2018 Sulap Palembang Jadi Lebih Cantik!
Asian Games 2018 ©asiangames2018.id

Nama Palembang sudah sangat dikenal  di kalangan masyarakat global berkat menjadi tuan rumah berbagai event berkelas Internasional sejak beberapa tahun silam. Palembang mulai mencuri perhatian dunia utamanya masyarakat Asia sejak terpilih menjadi lokasi dilaksanakannya pesta olahraga bergengsi, Sea Games pada tahun 2011 yang kemudian disusul dengan pelaksanaan Islamic Solidarity Games 2013, Musabaqah Tilawatil Quran Internasional 2014, hingga Asean University Games 2014. Suksesnya keempat event tersebut rupanya tidak membuat Palembang cukup puas, dibuktikan dengan munculnya nama Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 di Indonesia bersama DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Persiapan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan pun ternyata tidak main-main. Berbagai venue dan infrastruktur pendukung dibangun demi kesuksesan acara. Tentu saja semua pembangunan yang dibawa oleh pesta olahraga terbesar di Asia ini bukan hanya untuk mendukung seluruh rangkaian kegiatan Asian Games semata. Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan harapannya bahwa sarana prasarana yang dibangun tetap akan dapat membawa dampak positif bagi warga Palembang. Terkait apa saja yang telah dibangun untuk membantu menyukseskan Asian Games 2018 di Palembang, srivijaya.id akan membahasnya di bawah ini;

1. Light Rail Transit (LRT)

© goodnewsfromindonesia

Kereta ringan yang biasa ditemui di kota-kota besar di dunia seperti Eropa dan Amerika ini kini juga dibangun di Palembang.  Kereta ringan yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudding II dengan Kompleks Olahraga Jakabaring ini memiliki 13 stasiun, diantaranya di Bandara SMB II, Asrama Haji, Talang Buruk, RSUP, Simpang Polda, Demang Lebar Daun, Palembang Icon, Dishub, Pasar Cinde, Ampera, Poltabes, Jakabaring, OPI Mall, serta satu depot yang lokasinya tak jauh dari Apartemen Jakabaring. LRT dianggap akan membawa banyak dampak positif termasuk untuk membantu memperlancar arus transportasi.

2. Wisma Atlet

©palembangtribunnews

Tiga gedung rusunawa yang telah dibangun sejak tahun 2015 silam, dan dua gedung tambahan yang baru saja selesai tahun lalu akan menjadi wisma atlet untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang. Rusun yang diprediksi dapat menampung hingga seribu lebih atlet ini dikabarkan akan dialokasikan menjadi rusunawa bagi masyarakat berpenghasilan rendah setelah Asian Games 2018 selesai diselenggarakan.

3. Flyover

©mediaindonesia

Dua jalan layang baru yang dibangun yaitu flyover Keramasan dan flyover Simpang Bandara-Tanjung Api Api diperkirakan akan secara keseluruhan selesai pada maret 2018 mendatang. Selain untuk mendukung berjalannya Asian Games 2018, kedua flyover tersebut juga dibangun dengan tujuan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kota Palembang termasuk untuk mengurangi kemacetan.

4. Jembatan Musi IV

©palembangtribunnews

Jembatan Musi 4 yang mencerminkan budaya Sriwijaya dan identik dengan warna merah serta keemasan ini dibangun dengan maksud untuk mengurangi beban Jembatan Ampera yang selama ini menjadi satu-satunya jembatan penghubung akses untuk menuju Kompleks Olahraga Jakabaring atau yang lebih sering disebut dengan Jakabaring Sport City. Mengingat sebagian besar rangkaian kegiatan Asian Games 2018 akan berada di Jakabaring, tentu saja Jembatan Musi IV ini sangat dibutuhkan.

Keempat infrastruktur tersebut tidak hanya mendukung  keberlangsungan Asian Games 2018 dan  membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat Palembang saja loh, tapi juga mempercantik kota Palembang! Penasaran seperti apa cantiknya? Yuk, simak video berikut ini!


Sumber: kominfo ; laskarwongkito ; youtube/tusorlae

Pilih Bangga Bangga 67%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 17%
Pilih Terpukau Terpukau 17%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu