Nikmati Indahnya Pagar Alam dari Ketinggian
Tangga Seribu ©nandoalexsander.blogspot

Pagar Alam merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan yang terletak sekitar 298 Km dari Kota Palembang dan memiliki kondisi geografis yang sangat unik. Pasalnya, seluruh wilayah Kota Pagar Alam memiliki topografi wilayah yang berbukit-bukit dan dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan. Puncak tertinggi dari Bukit Barisan adalah Gunung Dempo yang ketinggiannya mencapai 3.173 Mdpl, loh! Wajar saja jika Kota Pagar Alam disebut kawasan puncak bagi Provinsi Sumatera Selatan.

Dengan keunikan topografi ini, Pagar Alam memiliki daya tarik yang kuat, khususnya dalam bidang pariwisata. Mulai dari perkebunan teh di kaki Gunung Dempo, berbagai air terjun indah, dan lain-lain. Selain menikmati tempat wisata alam tersebut, kalian juga bisa mengunjungi tempat-tempat unik yang menawarkan sensasi menikmati indahnya Kota Pagar Alam dari ketinggian. Yuk, simak dua diantaranya!

1. Tugu Rimau

©pagaralamonline

Tugu Rimau merupakan tugu yang bentuknya menyerupai harimau yang mengenakan pakaian adat Sumatra Selatan sambil memegang obor. Tugu ini dibangun saat Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) VI pada tahun 2004. Pada pelaksanaan PON tahun 2004, lokasi Tugu Rimau menjadi venue bagi cabang olahraga paralayang. Lokasi Tugu Rimau yang berada pada ketinggian 1.820 Mdpl menawarkan pengunjung indahnya pemandangan Kota Pagar Alam dari ketinggian! Tugu yang juga dijadikan titik awal pendakian Gunung Dempo ini memang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Pagar Alam.

2. Tangga 1000

©bp.blogspot

Terletak tak jauh dari Kantor Pemerintah Daerah Kota Pagar Alam, Tangga 1000 menawarkan pemandangan yang indah bagi para pengunjung. Sepanjang menyusuri anak tangga yang berundak-undak dengan lebar sekitar lima meter ini, pengunjung dapat menikmati sejuknya hamparan perkebunan teh. Apabila datang di waktu yang tepat, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Gunung Dempo tanpa terhalang kabut dari tempat ini. Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan di puncak Tangga 1000 pun tak kalah indah dari pemandangan yang ada selama menyusuri undakan tangga.

Selain kedua tempat di atas, masih banyak tempat wisata di Kota Pagar Alam yang tak hanya menawarkan indahnya pemandangan Kota Pagar Alam dari ketinggian, tetapi juga menyuguhkan berbagai keunikan alam yang dimiliki Kota Pagar Alam. Yuk, berwisata ke Pagar Alam!

Sumber:  disdukcapilpagaralamkota;pagaralamonlinepagaralamtour;traveldetik

Pilih Bangga Bangga 73%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 9%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 9%
Pilih Terpukau Terpukau 9%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu