Wow!! Ini Dia "Gulali" nya Wong Plembang!

Wow!! Ini Dia  "Gulali" nya Wong Plembang!
Ilustrasi dari Gulali © newinspirationsister

Sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia, Palembang nyatanya tidak hanya memiliki makanan yang asin-asin saja lho seperti pempek, laksan, model dll. Palembang juga memiliki "gulali" yang gak kalah enak dan manis dari gulali yang biasa ada di pasar malam. Gulali yang pada umumnya merupakan gula yang diberi pewarna makanan kini disajikan berbeda dari Palembang.

Dengan tekstur lembut berwarna coklat, gulali asal Palembang tersebut diberi nama Gulo Puan. Usut punya usut, Gulo Puan dahulu hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan dan haji.

Gulo Puan © Liputan6

Waahhh... kebayang kan  betapa enaknya Gulo Puan ini sampai-sampai, hanya para petinggi yang dapat menikmati gulali fenomenal yang satu ini?

Gulo Puan berasal dari Bahasa Palembang yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, "Gulo" itu berarti gula dan "Puan" memiliki arti yang sama dengan susu. Maka dari itu, Gulo Puan dapat diartikan sebagai Gula Susu dikarenakan bahan dasar dari Gulo Puan tersebut merupakan gula dan susu. Gulali ini tidak memakai pewarna, berarti Gulo Puan merupakan gulali yang sehat bukan?

Hebatnya lagi, susu yang digunakan merupakan susu kerbau rawa. Gulo Puan ini pun juga hanya diproduksi di daerah Ogan Komering Ilir yang letaknya cukup jauh dari Palembang.

Gulo Puan yang dijual di pinggiran Masjid Agung Palembang © HelloPalembang

Tetapi jangan khawatir, jika ingin mencicipi Gulo Puan secara langsung kita bisa mendapatkannya di sekitaran Masjid Agung Palembang saat jumatan dikarenakan Gulo Puan yang diproduksi dari Ogan Komering Ilir akan dijual disini.

Jika kita ingin membuatnya sendiri di rumah agar senantiasa dicoba tiap hari, caranya cukup mudah. Berikut ulasan membuat Gulo Puan rumahan yang dikutip dari infokitonian.

Bahan :
Susu Kerbau +/- 5 Liter
Gula Pasir 1 Kg
Beberapa lembar daun Pandan
 
Cara membuat : 
1. Campurkan Susu, gula dan daun pandan di tuang dalam kuali/belanga yang sudah di panasi terlebih dahuludi
 
2. Aduk secara terus menerus (seperti membuat dodol)  sampai kalis. (kira-kira butuh 3-4 jam).
 
3. Tidak boleh berhenti mengaduk, karena kalau tidak gula puan yang di buat akan gosong.
 
4. Setelah warna berubah menjadi kuning dan mengkristal dapat diangkat.
 
5. tiriskan dan siap untuk di sajikan

Tertarik untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Gulo Puan di Ogan Komering Ilir dan menirunya untuk di rumah? Yuk intip videonya!


Sumber: hellopalembang ; pempekyoss

Pilih Bangga Bangga 43%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 29%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 14%
Pilih Terpukau Terpukau 14%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu